Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kedatangan Joe Biden di Bali Disambut Sandiaga Uno

Menparekraf Sandiaga Uno menyambut kedatang Presiden AS Joe Biden di Bali dalam rangka KTT G20.
Presiden AS tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, disambut tarian khas Bali, Minggu (13/11/2022). /Tim Media G20
Presiden AS tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, disambut tarian khas Bali, Minggu (13/11/2022). /Tim Media G20

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Joe Biden tiba di Bali untuk menghadiri KTT G20 dan disambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Biden tiba di Bandara Ngurah Rai, Minggu (13/11/2022) malam, setelah sebelumnya didahului Presiden Joko Widodo, dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-Yeol.

"Saya mendapat kehormatan dan tugas dari negara untuk menyambut bapak Presiden Joe Biden yang mendarat di Bali malam ini sekitar pukul 21:45 [WITA] dengan menggunakan Air Force One," ujar Sandiaga dalam keterangan persnya, Minggu (13/11/2022).

Pada kesempatan tersebut, Sandiaga juga mengatakan bahwa kunjungan wisatawan dari Amerika Serikat beberapa waktu belakangan mengalami peningkatan. Kepada Biden, dia mengungkapkan harapannya agar produk-produk ekonomi kreatif Indonesia semakin diminati, terutama produk fashion, kuliner dan produk kerajinan tangan.

Sembari berjalan kaki, Biden mengungkapkan kekagumannya terhadap tarian Bali yang menyambut kedatangannya.

"Luar biasa, sangat indah. Terima kasih," ujar Biden.

Para penari yang menyambut kedatangan Kepala Negara Amerika Serikat tersebut adalah campuran dari sanggar kabupaten Badung, Denpasar, dan kabupaten-kabupaten yang ada di sekitar Airport Ngurah Rai.

Sementara itu, selain Biden dan Yoon Seok-Yeol, sejumlah tamu negara lainnya termasuk ketua lembaga dunia juga mulai tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Berdasarkan pantauan Tim Komunikasi dan Media G20, beberapa kepala lembaga dunia serta delegasi G20 juga mulai berdatangan sejak pukul 18.25 WITA.

Mereka adalah adalah Chairman World Economic Forum Prof Klaus Martin Schwab, Presiden Islamic Development Bank (IsDB) Muhammad Sulaiman Al Jasser, Director General International Labour Organization Gilbert F. Houngbo, Menteri Luar Negeri Mexico Marcelo Ebrard Casaubon, serta Menteri Urusan Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Sehari sebelumnya, Presiden The Asian Development Bank (ADB) Masatsugu Asakawa, juga tiba pada Sabtu (12/11/2022) pukul 23.45 WITA.

Direktur Jenderal Informasi & Komunikasi Publik Usman Kansong mengatakan gelombang kedatangan delegasi akan terus berlangsung hingga Senin (14/11/2022).

Adapun, Pemerintah RI telah menerima konfirmasi kehadiran langsung 17 pemimpin G20 pada saat KTT. Kehadiran para pemimpin, termasuk Presiden RI Joko Widodo adalah sebanyak 37 orang dari total 41 undangan. Sementara pemerintah Fiji, karena tengah menjalani pemilihan umum, akan mengirimkan utusan khusus.

Brazil dan Meksiko juga telah menginformasikan bahwa Presiden mereka tidak dapat hadir. Meksiko akan diwakili oleh Menlu Meksiko, sementara untuk Brazil masih dilakukan komunikasi mengenai bentuk partisipasinya.

Kementerian Luar Negeri juga telah menerima nota diplomatik dari Kedubes Rusia di Jakarta yang menyampaikan bahwa Presiden Putin tidak dapat hadir di Bali. Sebagai gantinya, Menlu S Lavrov yang akan hadir secara langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Editor : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper