Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Media Massa Dukung KTT G20 Berjalan Lancar

Media massa turut mendukung KTT G20 membawa hasil yang memuaskan bagi Indonesia sebagai ajang internasional akbar.
Media massa turut mendukung KTT G20 membawa hasil yang memuaskan bagi Indonesia sebagai ajang internasional akbar. /Antara
Media massa turut mendukung KTT G20 membawa hasil yang memuaskan bagi Indonesia sebagai ajang internasional akbar. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Media massa mendukung berlangsungnya rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak sejumlah pimpinan media massa dan jurnalis meninjau dan melihat langsung persiapan KTT G20 di Bali. Kinerja pemerintah pun mendapat apresiasi dari sejumlah awak media.

“Persiapan pemerintah sudah jauh-jauh hari dilakukan, baik mempersiapkan pertemuan-pertemuan tingkat menteri, maupun persiapan secara fisik atau infrastruktur,” kata Ketua Forum Pemred, Arifin Asydhad di sela-sela kunjungan ke Bali, Selasa (25/10/2022).

Arifin berharap semua persiapan KTT G20 membawa hasil yang memuaskan bagi Indonesia karena ajang internasional ini akan menjadi perhatian dunia karena hadirnya puluhan kepala negara.

“Saya kira puncak KTT G20 akan relatif lancar,” imbuh Arifin yang juga merupakan Pemimpin Redaksi Kumparan tersebut.

Sedikitnya 30 pemimpin redaksi dan jurnalis turut dalam kegiatan kunjungan. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong.

Rombongan jurnalis dibawa untuk melihat langsung The Apurva Kempinski sebagai tempat acara puncak KTT G20 yang akan dihadiri 20 kepala negara anggota, termasuk sejumlah kepala negara undangan lainnya. Semua ruangan tempat kegiatan KTT G20 dikunjungi para awak media, termasuk ballroom tempat para pemimpin dunia bersidang nanti.

Setelah dari Apurva rombongan dibawa mengunjungi Bali International Convention Centre (BICC), tempat lebih dari seribu awak media akan bekerja meliput jalannya KTT G20.

“Semua kami sediakan di sini, mulai dari meja kerja, sambungan internet, sampai makanan yang tersedia sepanjang hari,” kata Usman Kansong.

Dari BICC, rombongan jurnalis kemudian meninjau Taman Hutan Raya Ngurah Rai Benoa. Di lokasi ini direncanakan para pemimpin dunia peserta G20 akan menanam bibit mangrove. Lokasi penanaman hingga trek untuk para pemimpin negara-negara berjalan sudah disiapkan untuk melihat langsung hutan.

Hal senada disampaikan Pemimpin Redaksi Katadata Yura Syahrul. “Sejauh ini pemerintah cukup fokus dan siap untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi delegasi negara-negara yang menguasai perekonomian dunia ini,” ujar Yura.

Menurut Yura, KTT G20 merupakan kerja besar pemerintahan Joko Widodo untuk menjawab beberapa masalah dunia saat ini, terutama di tiga bidang utama yang menjadi fokus. Yakni inklusivitas pelayanan kesehatan, transformasi berbasis digital, dan transisi menuju energi berkelanjutan.

“Masih butuh pembuktian lebih jauh dari kerja besar ini. Sehingga kelak Indonesia dikenang karena sukses membawa isu-isu besar menjadi perhatian dunia, selain karena sukses penyelenggaraannya,” pungkas Yura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper