Pertamina Patra Niaga Buka Peluang Kerjasama Kembangkan Bisnis Non-Fuel Retail di Jaringan SPBU

Manfaatkan jaringan SPBU yang tersebar di Indonesia, Pertamina Patra Niaga fokus mendorong pengembangan bisnis Non-Fuel Retail (NFR).
Foto: Pertamina Tenants Day
Foto: Pertamina Tenants Day

Bisnis.com, JAKARTA – Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) terus melakukan inovasi dalam menjaga keberlanjutan bisnisnya. Memanfaatkan jaringan SPBU yang tersebar di seluruh Indonesia, Pertamina Patra Niaga kini turut fokus mendorong pengembangan bisnis Non-Fuel Retail atau NFR.

Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra mengatakan bahwa dalam pengembangan layanan atau bisnis NFR ini, Pertamina Patra Niaga harus terus membuka peluang atau berkolaborasi mengembangkan bisnis baru dengan mitranya.

“Bisnis NFR ini adalah upaya pengembangan SPBU menjadi one stop service. Bisnis NFR ini pun merupakan bisnis yang potensial, baik bagi Pertamina maupun mitra bisnis, serta bagi SPBU itu sendiri,” jelas Mars Ega.

Mars Ega mengatakan bahwa sudah ada lebih dari 90 mitra nasional dan internasional, serta 1.400 mitra lokal dan UMKM yang bekerjasama mengembangkan bisnis NFR di SPBU Pertamina. Total, saat ini ada sekitar hampir 19 ribu outlet NFR yang sudah beroperasi diseluruh jaringan SPBU Pertamina yang jumlahnya mencapai lebih dari 6.000 diseluruh Indonesia, dan angka ini masih bisa dikembangkan lagi. 

“Jaringan SPBU Pertamina dan Pertashop bisa menjadi kesempatan bagi para mitra atau pelaku usaha dalam melakukan penetrasi bisnis yang mereka lakukan di wilayah baru, karena sekali lagi SPBU Pertamina ini ada dari Sabang sampai Merauke,” tambahnya. 

Mars Ega kemudian melanjutkan, sebagai komitmen pengembangan bisnis NFR di SPBU, Pertamina sedang menyiapkan skema-skema kerjasama yang menguntungkan, salah satunya adalah jika sudah memiliki izin usaha SPBU, maka akan terbuka peluang untuk mengembangkan bisnis lainnya di SPBU tersebut. 

“Ini adalah keseriusan Pertamina Patra Niaga mengembangkan potensi layanan one stop service di SPBU. Sebagai komitmen, Pertamina Patra Niaga akan menuangkan semangat kolaborasi ini dalam bentuk pakta kolaborasi dengan mitra-mitra bisnis pada acara Pertamina Tenants Day hari ini, karena kedepan, bisnis NFR akan kami terus perluas dan kembangkan,” tukas Mars Ega. 

Ketua Umum DPP Hiswana Migas, Rachmad Muhammadiyah yang akrab dipanggil Yeni turut menyambut baik rencana pengembangan bisnis NFR di SPBU. Menurutnya, potensi pasar NFR di SPBU  ini sangat baik karena strategisnya lokasi SPBU. 

Pertamina Patra Niaga Buka Peluang Kerjasama Kembangkan Bisnis Non-Fuel Retail di Jaringan SPBU

“Di negara maju, bisnis NFR ini bisa menyumbang  30% sampai 40% pendapatan bagi SPBU tersebut, karena yang dijual pada bisnis NFR ini adalah kebutuhan-kebutuhan masyarakat, misal minimarket atau café. Karena inilah Hiswana Migas menyambut baik pengembangan NFR di SPBU,” jelas Yeni. 

Direktur PT Birotika Semesta (DHL Express), Rocky Joseph yang mengelola bisnis logistik dan ekspedisi turut membeberkan alasan keuntungan bisnis NFR di SPBU Pertamina.

“Pertama akses, lokasinya mudah dijangkau bahkan dijalan utama. Kedua keamanan, karena cenderung ramai jadi mengurangi potensi kecurian atau perampokan. Ketiga adalah lahan parkir karena gabung dengan SPBU, belum lagi jika konsumen kami ada kebutuhan sekaligus untuk mengisi BBM atau beli makan dan minum di convenience store,” pungkas Rocky.

Pertamina Patra Niaga saat ini membuka peluang sebesar-besarnya dalam mengembangkan bisnis NFR di SPBU. Saat ini yang sudah berjalan antara lain adalah minimarket, café, autocare, dan media advertising. Saat ini juga terbuka peluang kerjasama untuk ekosistem kendaraan listrik seperti Charging Station atau Battery Swapping Station, serta kerjasama di bidang digital dan aplikasi yakni melalui program loyalty MyPertamina. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai bisnis NFR di SPBU, masyarakat atau calon mitra dapat menghubungi ke Pertamina Call Center (PCC) 135.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper