Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sistem Ticketing Baru, YLKI Banjir Aduan Penumpang Transjakarta

YLKI mendapatkan puluhan aduan dari penumpang Transjakarta soal sistem ticketing baru.
Bus TransJakarta berhenti di Halte Gelora Bung Karno untuk menaikkan dan menurunkan penumpang di Jakarta, Minggu (30/1/2022)./Antara
Bus TransJakarta berhenti di Halte Gelora Bung Karno untuk menaikkan dan menurunkan penumpang di Jakarta, Minggu (30/1/2022)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mencatat terdapat 88 pengaduan konsumen mengenai pelayanan sistem ticketing baru Transjakarta, yang masuk sampai dengan hari ini, Senin (17/10/2022).

Sebanyak 88 keluhan yang masuk ke YLKI melalui Posko Pengaduan Konsumen Transjakarta. Seperti diketahui, perubahan sistem pembayaran pada moda transportasi Ibu Kota itu (tap in dan tap out) telah menimbulkan antrean panjang dan saldo penumpang terpotong lebih dari sekali.

"Hingga hari ini, Senin 17/10/2022, terdapat pengaduan konsumen Transjakarta sebanyak 88 pengaduan konsumen dan sudah diserahkan kepada manajemen Transjakarta," terang Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi melalui keterangan resmi, Senin (17/10/2022).

Terhadap posko pengaduan konsumen tsb, jelas Tulus, pihak manajemen PT Transportasi Jakarta (Perseroda) telah merespon surat YLKI yang dikirimkan, Kamis (6/10/2022). Surat tersebut berisi pengaduan konsumen dan permintaan klarifikasi maupun tanggapan mengenai sistem pembayaran di Transjakarta.

Tulus menyebut surat tersebut telah direspons di antaranya dengan kunjungan Direktur Pelayanan dan Pengembangan Transjakarta Lies Permana Lestari ke YLKI, Jumat (14/10/2022).

Selanjutnya, Tulus juga menjabarkan beberapa hasil pertemuan YLKI dengan pihak manajemen Transjakarta yakni sebagai berikut:

Pertama, Manajemen Transjakarta memohon maaf pada YLKI dan konsumen atas permasalahan tersebut sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dan kerugian konsumen.

Kedua, Manajemen Transjakarta akan menindaklanjuti semua pengaduan, baik via YLKI dan atau ke Customer Care Transjakarta. Pihak manajemen juga dan akan berkoordinasi langsung dengan JakLingko Indonesia untuk mekanisme pengembalian (refund) saldo penumpang yang terpotong lebih dari seharusnya.

Ketiga, Transjakarta menyediakan kanal khusus untuk pengaduan berupa template khusus bagi konsumen yang mengadu. Pengaduan bisa dilakukan melalui WhatsApp Customer Care JLI (@JakLingkoindonesia) 081260001440.

Nantinya, proses refund hingga pencairan dana memerlukan waktu hingga H+7 setelah data diverifikasi.

Keempat, Manajemen Transjakarta akan memperbaiki sistem pembayaran anyar tersebut dan berkoordinasi dengan pihak JakLingko agar persoalan serupa bisa diminimalisasi bahkan tidak terjadi lagi.

Tulus juga menyarankan agar pihak Transjakarta bisa mengadakan forum dialog dengan para konsumen guna penyelesaian kasus lebih cepat.

"YLKI juga meminta agar pihak Transjakarta dan JakLingko tidak memberlakukan sistem baru tersebut jika memang belum siap, sehingga memicu distorsi pelayanan dan kerugian pada konsumen," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper