Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Puji Komitmen Ciputra Kembangkan Lahan 300 Hektare di IKN

Presiden Jokowi memuji komitmen PT Ciputra Development Tbk. (CTRA) kembangkan lahan seluas 300 hektare di Ibu Kota Negara (IKN)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Tangkapan layar ANTARA/Indra Arief)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Tangkapan layar ANTARA/Indra Arief)

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji komitmen PT Ciputra Developmet Tbk. (CTRA) yang berencana menggarap lahan seluas 300 hektare di wilayah Ibu Kota Negara (IKN).

"Komitmen yang betul-betul riil saya baru dengar dari Ciputra Group. Pak Budiarsa [Budiarsa Sastrawinata, Direktur Ciputra Development] berapa hektare? Tadi saya lihat masih ngambang gitu, lho. 300 hektare, bener Pak 300 hektare?" kata Jokowi dalam acara Market Sounding IKN, di Ballroom Djakarta Theater XXI, Selasa (18/10/2022).

Jokowi menuturkan lahan 300 hektare yang dimiliki Ciputra terbilang luas. Meski demikian, dia juga meminta agak perusahaan yang bergerak di sektor properti tersebut segera menggarapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga meminta agar investor lain tidak ragu-ragu untuk ikut serta dalam proyek IKN.

Jokowi juga berharap investor dapat menanyakan terkait dengan insentif yang disediakan pemerintah di masing-masing kementerian.

"Bapak, Ibu sekalian sudah semuanya disampaikan. sekali lagi saya ingin sampaikan jangan ragu. Urusan lahan ada nanti ada pak menteri ATR/BPN. Kalau masih ragu, lho ya," imbuhnya.

Untuk insentif lainnya, Jokowi juga meminta investor untuk mengubungi Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

"Tax holiday-nya kurang panjang bisa ditanya. Atau tax deduction-nya kurang banyak, silakan disampaikan. Tetapi saya meyakini bahwa regulasi yang sudah kita siapkan, UU-nya ada. tadi segera PP-nya mengenai insentif itu ada," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan bahwa proyek IKN telah memiliki payung hukum yang dapat dipertanggungjawabkan, yakni UU No. 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara yang mengatur mengenai Ibu Kota Nusantara dan pelaksanaan pemerintahannya yang dilaksanakan oleh Otorita Ibu Kota Nusantara.

“Bapak/Ibu [investor] tidak perlu ragu dan bimbang karena payung hukumnya sudah jelas yaitu UU No.3 tahun 2022 dan ini juga telah disetujui oleh 93 persen fraksi di DPR. Loh, kurang apa lagi? Kalau masih ada [investor] yang belum yakin, maka kurang apa lagi? Tidak perlu lagi untuk dipertanyakan,” kata Jokowi di acara Market Sounding Proyek IKN di Ballroom Djakarta Theater XXI, Selasa (18/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper