Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jasa Marga (JSMR) Kejar Penyelesaian Jalan Tol Japek Selatan II Paket 3

Jasa Marga (JSMR) mengejar penyelesaian konstruksi untuk Jalan Tol Japek Selatan II Paket 3 agar rampung pada 2023.
Foto aerial suasana lalu-lintas jalan tol Cikampek, di kawasan Bekasi, Jawa Barat, Senin (12/3/2018)./JIBI-Nurul Hidayat
Foto aerial suasana lalu-lintas jalan tol Cikampek, di kawasan Bekasi, Jawa Barat, Senin (12/3/2018)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) melalui anak usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) yang mengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan tengah mengejar penyelesaian konstruksi untuk Paket 3.

Jalan Tol Japek II Selatan Paket 3 terdiri atas 2 seksi yakni Seksi 5 Sukabungah-Sadang sepanjang 22,1 km dan Seksi 6 Kutanegara-Sadang sepanjang 8,5 km.

Progres untuk Sukabungah-Sadang adalah sebesar 69,11 persen hingga awal Oktober 2022. Sementara itu, untuk pembebasan lahan di paket tersebut telah mencapai 92,3 persen.

Direktur Utama PT JJS Charles Lendra menjelaskan, progres lahan dan konstruksi untuk Paket 3 tersebut telah memperhitungkan penambahan lahan dan penyesuaian rencana teknik akhir (RTA) atas penggeseran lokasi simpang susun yang semula di Taman mekar menjadi di Sukabungah. Dengan penggeseran ini juga terdapat tambahan main road sepanjang kurang lebih 3 km yang telah masuk dalam tambahan lingkup.

Charles menjelaskan pihaknya optimistis untuk mengejar pembangunan konstruksi Paket 3 Sukabungah-Sadang yang ditargetkan selesai pada pertengahan 2023.

“Saat ini kami menunggu revisi Penetapan Lokasi (Penlok) dari Gubernur Jawa Barat yang tengah diproses. Untuk mendukung ini, kami bersama dengan tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan lahan telah melakukan sosialisasi dan pendataan awal yang dilanjutkan dengan konsultasi publik,” ujar Charles dalam keterangan resminya, Kamis (6/10/2022).

Sementara itu, untuk Paket 3 Seksi 6 Kutanegara-Sadang sepanjang 8,5 km yang saat ini progres konstruksinya telah mencapai 93,64 persen jauh lebih siap dan dapat digunakan secara fungsional oleh kendaraan kecil/golongan I (non-bus) untuk mendukung operasional libur panjang Natal dan Tahun Baru 2023.

Charles menjelaskan prioritas pembebasan lahan dan konstruksi Jalan Tol Japek II Selatan dimulai dari Sadang terlebih dahulu dengan pembagian paket pekerjaan Paket 1 Jatiasih-Setu yang terdiri atas Seksi 1 Jatiasih-Bantargebang dan Seksi 2 Bantargebang Setu, Paket 2 Setu-Sukabungah yang terdiri atas Seksi 3 Setu-Sukaragam dan Seksi 4 Sukaragam-Sukabungah, Paket 3 Sukabungah-Sadang yang terdiri atas Seksi 5 Sukabungah-Kutanegara dan Seksi 6 Kutanegara-Sadang.

"Jalan Tol Japek II Selatan terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road, JORR 2 dan Jalan Tol Cipularang yang merupakan alternatif bagi pengguna jalan dari Jakarta yang menuju arah Purwakarta, Bandung dan sekitarnya selain melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting dan Jalan Layang MBZ," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper