Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ITS Gandeng Kinobi Sediakan Jalur Karier Bagi Mahasiswa

Portal karier ini hadir untuk menjawab tingkat pengangguran terbuka (TPT) dari lulusan universitas masih cukup tinggi
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 03 Oktober 2022  |  14:36 WIB
ITS Gandeng Kinobi Sediakan Jalur Karier Bagi Mahasiswa
Institut Teknologi Sepuluh Nopember - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - ITS menggandeng Kinobi untuk menghadirkan portal karier bagi lulusan universtas. Portal karier ini hadir untuk menjawab tingkat pengangguran terbuka dari lulusan universitas masih cukup tinggi.

Hafiz Kasman, Presiden Direktur dan juga Co-founder PT Kinobi Technologies Indonesia (Kinobi) mengatakan bahwa Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran terbuka (TPT) dari lulusan universitas masih berada di angka 5,98 persen pada 2021.

Kerja sama Kinobi dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), katanya, menjadi salah satu komitmen untuk mempercepat masa transisi 25 juta mahasiswa di Asia Tenggara menuju dunia kerja.

“Kami berharap dengan kerja sama ini, Kinobi dan ITS dapat berkontribusi menurunkan angka tersebut dengan membantu persiapan karier mahasiswa dengan teknologi yang kami berikan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (3/10/2022).

Melalui kerja sama ini, mahasiswa ITS dapat akses ke berbagai fasilitas persiapan karier dan pendidikan seperti CV ATS-Friendly builder, portal lowongan kerja, portal informasi beasiswa, dan forum kewirausahaan yang bisa menunjang aktivitas mahasiswa dan wisudawan seperti untuk mencari kerja, membuat bisnis, bahkan meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Acara sosialisasi portal hasil kerja itu dilakukan pada pembekalan para wisudawan ke-126 dan peluncuran Career Development Program (CDP) ITS di Graha Sepuluh Nopember baru-baru ini.

Wakil Rektor I ITS, Prof. Adi Soeprijanto MT mengingatkan mahasiswa untuk dapat mengamalkan ilmu dan kompetensi yang telah didapatkan selama berkuliah di ITS.

“Pastikan mahasiswa mampu memetakan karier dengan baik, apalagi adanya bantuan fasilitas yang diberikan,” ujarnya.

Arief Abdurrakhman, Kepala Subdirektorat Pengembangan Kewirausahaan dan karier Direktorat Kemahasiswaan ITS menjelaskan bahwa guna menunjang Career Development Program (CDP) ini, ITS bekerja sama dengan 200 mitra baik dari perusahaan, pemerintah, penyedia beasiswa, investor dan lain-lain.

CDP memfasilitasi wisudawan untuk mendapatkan konsultasi karier dengan alumni ITS, peningkatan skill berupa sertifikasi, dan pelatihan berbagai software secara gratis di mana salah satunya adalah menggunakan platform Kinobi.

“Calon wisudawan ke-126 dapat mendaftar melalui link its.app.kinobi.asia,” ucap dosen Departemen Teknik Instrumentasi ITS ini.

Selain ITS, Kinobi juga telah menjalin kerja sama dengan puluhan universitas dari berbagai penjuru Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan Universitas Airlangga (UNAIR).

Dengan misi untuk menjadi penyedia portal karier universitas di Asia, Kinobi ingin membantu universitas di Indonesia, Singapura, Filipina, dan Vietnam untuk meningkatkan potensi kerja para mahasiswa dan alumninya.

Tidak berhenti di situ, Kinobi juga menawarkan berbagai fitur untuk universitas guna memfasilitasi mahasiswanya dalam mempersiapkan karier mereka.

Fitur utama yang ditawarkan adalah CV builder atau aplikasi pembuat CV berbasis AI. Aplikasi ini dapat membantu mahasiswa untuk membuat CV atau resume dengan format yang sudah sesuai dengan Applicant Tracking System (ATS). Dengan cara ini, lamaran kerja akan lebih mudah untuk lolos seleksi CV otomatis oleh sistem.

Portal karier Kinobi juga memiliki fitur job portal, di mana pihak universitas dapat mengunggah lowongan kerja yang hanya dapat diakses oleh mahasiswanya. Hal ini diklaim memudahkan universitas yang telah berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan dalam menyediakan lowongan kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

its karier mahasiswa
Editor : Wahyu Arifin
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top