Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KBRI Seoul Gelar Resepsi Diplomatik, Tampilkan Semarak Kebhinekaan

KBRI Seoul menggelar resepsi perayaan HUT ke-77 RI di Floating Island Convention Center, berlokasi di tepi Sungai Han yang membelah kota Seoul.
Asahi Asry Larasati
Asahi Asry Larasati - Bisnis.com 30 September 2022  |  05:30 WIB
KBRI Seoul Gelar Resepsi Diplomatik, Tampilkan Semarak Kebhinekaan
Perayaan Resepsi Diplomatik Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Seoul, Korea Selatan (28/09/2022). - KBRI Seoul
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul telah menyelenggarakan Resepsi Diplomatik Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia dengan tema 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat'. Acara ini dilaksanakan di Floating Island Convention Center, Seoul.

Menandai resepsi perayaan HUT RI ke-77 ini, gedung Floating Island berlokasi di tepi Sungai Han yang membelah kota Seoul, khusus disinari dengan lampu LED berwarna merah dan putih, melambangkan warna bendera Indonesia.

Dalam sambutannya Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto mengenakan busana tradisional Jawa Jawi Jangkep dan secara singkat menyampaikan mengenai kemajuan Indonesia setelah 77 tahun merdeka serta kerjasama bilateral Indonesia-Korea yang sangat dinamis di berbagai sektor. 

Menurutnya, Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, stabilitas politik dan ekonomi, serta jumlah penduduk yang besar dan sebagian besar berusia produktif. Bahkan, memasuki usia ke-77 tahun, Indonesia mendapat kepercayaan di kacah internasional menjadi menjadi Ketua G20, Ketua ASEAN dan Koordinator MIKTA tahun depan.

Dia menekankan seluruh keberhasilan yang dicapai Indonesia tidak lepas dari dukungan negara-negara lainnya, khususnya Republik Korea (ROK), di berbagai bidang.

Resepsi diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dilantunkan secara live oleh Dita Karang, salah satu anggota K-pop girl band “Secret Number” asal Indonesia.

Acara resepsi juga menampilkan kebhinekaan budaya Indonesia melalui pertunjukan seni berupa tarian adat Betawi 'Goyang Amprok' dan 'Lenggang Nyai' oleh Dian Tri Lestarini, kandidat Doktor dari Universitas Ulsan di Korea, serta lantunan lagu legendaris Bengawan Solo versi Korea oleh Asisten Profesor Lee Jung Pyo.

Budaya Indonesia lainnya juga ditampilkan melalui disuguhan kuliner Indonesia, mulai dari nasi padang, gulai ayam, dan singkong rebus, sate ayam, bakso, empek-empek, es cendol, jamu kunyit asam dan jahe sereh. 

Nuansa Bali ditampilkan pada dekorasi dan hiasan gedung sebagai pengingat bahwa di tahun 2022 ini Indonesia selaku Ketua G20 akan menyelenggarakan pertemuan para pemimpin negara anggota G20 tanggal 15-16 November 2022 di Bali.

Pada akhir acara, seluruh staf KBRI mengajak tamu undangan bersama-sama menarikan 'Gemu Famire' yang berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur. Para tamu undangan menikmati acara menari bersama

Sebelumnya, pada tahun 2018 tarian Gemu Famire memecahkan rekor MURI saat ditarikan bersama oleh lebih dari 340.000 penari di berbagai kota di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korsel kbri
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top