Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Sentral Thailand Kerek Suku Bunga Acuan 25 Basis Poin

Komite kebijakan moneter Bank of Thailand mengumumkan menaikkan suku bunga one-day repurchase rate sebesar 25 basis poin menjadi 1 persen pada hari Rabu.
Asahi Asry Larasati
Asahi Asry Larasati - Bisnis.com 29 September 2022  |  05:49 WIB
Bank Sentral Thailand Kerek Suku Bunga Acuan 25 Basis Poin
Thailand - Pegipegi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Bank sentral Thailand menaikkan suku bunga acuannya sebesar seperempat poin persentase. Kenaikan ini menempatkannya lebih jauh di belakang pengetatan kebijakan bank sentral di Asia Tenggara untuk menjinakkan inflasi dan membendung pelemahan mata uang.

Dilansir Bloomberg pada Kamis (28/9/2022) Komite kebijakan moneter Bank of Thailand mengumumkan menaikkan suku bunga one-day repurchase rate sebesar 25 basis poin menjadi 1 persen pada hari Rabu.

Sekretaris MPC Piti Disyatat mengungkapkan dampak suku bunga terhadap mata uang masih belum jelas, sehingga bank sentral belum perlu mengubah kebijakan moneter.

"Devisa hanyalah salah satu faktor yang mempengaruhi harga dan tujuan pertumbuhan kebijakan moneter bank sentral" jelasnya.

Setelah keputusan suku bunga ini, baht melemah sebanyak 1 persen terhadap dolar menjadi 38,342. Adapun lima ekonom sebelumnya memperkirakan suku bunga acuan naik 50 basis poin.

"Dengan hanya satu pertemuan kebijakan lagi tahun ini, penyesuaian 25 basis poin hari ini adalah kesempatan yang hilang untuk mempersempit perbedaan suku bunga dengan The Fed," kata Kepala strategi Asia di Skandinaviska Enskilda Banken AB Singapura Eugenia Fabon Victorino.

Bank of Thailand mengatakan ekonomi Thailand akan terus pulih tetapi dengan risiko inflasi yang meningkat.

"Kebijakan suku bunga harus dinormalisasi secara bertahap dan terukur ke tingkat yang konsisten dengan pertumbuhan berkelanjutan dalam jangka panjang." jelas Bank of Thailand.

Bahkan, langkah ini memperkuat posisi MOT sebagai yang paling tidak hawkish di Asia, termasuk Indonesia dan Vietnam yang cenderung lambatr menaikkan suku bunga acuan secara signifikan guna melawan inflasi dan menopang mata uang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suku bunga acuan thailand
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top