Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Olaf Scholz Klaim Jerman Sudah Siap jika Rusia Setop Total Pasokan Gas

Olaf Scholz mengatakan Jerman telah siap jika Rusia memotong sebagian besar pasokan gas sebagai dampak perang melawan Ukraina.
Kanselir Jerman Olaf Scholz/ Bloomberg
Kanselir Jerman Olaf Scholz/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Jerman dan Eropa siap menghadapi dampak jika Rusia memutuskan untuk menghentikan aliran gas secara total. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kanselir Jerman Olaf Scholz pada Sabtu (10/9/2022) waktu setempat.

Mengutip Bloomberg, Sabtu (10/92/2022), Scholz mengatakan Jerman telah siap jika Rusia memotong sebagian besar pasokan gas sebagai dampak perang melawan Ukraina. Menurutnya, Jerman telah mendirikan terminal di pantai utara negara itu untuk mengimpor gas cair.

Kendati demikian, klaim kanselir tersebut dibantah oleh Asosiasi Kota dan Kotamadya Jerman, yang mewakili sekitar 14.000 kotamadya dan kota kecil di seluruh negeri, serta dibantah juga oleh lembaga think tank ekonomi DIW.

Saat ini ekonomi terbesar Eropa berada di pusat krisis ketika Presiden Rusia Vladimir Putin memangkas pasokan sebagai pembalasan atas sanksi yang terkait dengan perang di Ukraina. Kekhawatiran telah meningkat bahwa Jerman dapat menghadapi gelombang kebangkrutan sebagai dampak dari krisis.

“Kami menghemat bensin. Kami sekali lagi menggunakan kemampuan produksi pembangkit listrik tenaga batu bara. Pada awal tahun depan kami akan memiliki kesempatan untuk menggunakan pembangkit listrik tenaga nuklir Jerman selatan yang tersisa jika diperlukan,” kata kanselir.

Namun janji kekuasaan pemerintah dipertanyakan pada Sabtu, ketika presiden Asosiasi Kota dan Kotamadya mengatakan negara itu menghadapi risiko krisis energi.

“Serangan peretas dan/atau kelebihan jaringan listrik dapat menyebabkan pemadaman listrik yang parah,” kata Gerd Landsberg, presiden asosiasi, kepada surat kabar Welt am Sonntag. Menurutnya kelebihan beban seperti itu dapat dipicu jika terlalu banyak rumah tangga yang memasang pemanas listrik daripada pemanas gas.

Jerman mengakui bahwa situasinya serius, tetapi belum cukup melakukan persiapan, kata Landsberg.

Marcel Fratzscher, presiden lembaga tink tank DIW, mengatakan kepada jaringan media RND pada Sabtu bahwa ia memperkirakan pelemahan ekonomi yang lebih lama di Jerman.

"Resesi tidak dapat dihindari, kita sudah dalam penurunan," kata Fratzscher.

Dia khawatir ekonomi tidak akan pulih dengan cepat dan malah menyusut pada tahun 2023.

"2024 juga tidak akan menjadi tahun yang baik," kata ekonom itu dan memperingatkan Jerman berisiko harus bertahan dengan beberapa tahun mengalami stagflasi.

Fratzscher meramalkan bahwa banyak perusahaan akan bangkrut karena pemerintah tidak dapat menyelamatkan mereka semua. Dia menyarankan pemerintah membatasi biaya energi dan menawarkan bantuan untuk melakukan transformasi.

Awal pekan ini, pemerintah Jerman mendapat pukulan telak terhadap rencananya untuk membuat beberapa pembangkit listrik tenaga nuklir online sebagai cadangan.

Rencana tersebut, yang diungkapkan oleh Menteri Ekonomi Robert Habeck, ditolak oleh salah satu operator pembangkit listrik tenaga nuklir Jerman, yang mengatakan secara teknis tidak dapat dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper