Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dukung Pembangunan IKN Nusantara, Puan: Bisa Jadi Pengerek Ekonomi

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani berharap pembangunan IKN
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 16 Agustus 2022  |  11:07 WIB
Dukung Pembangunan IKN Nusantara, Puan: Bisa Jadi Pengerek Ekonomi
Huma Betang Umai, karya SHAU Architectures, Studi APTA dan Cilaki memenangkan juara kedua desain Istana Wakil Presiden (Wapres) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara / Dok. Kementerian PUPRrn
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani menegaskan parlemen memberi dukungan penuh untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang menjadi salah satu agenda strategis pemerintah. 

Puan berharap pembangunan ibu kota anyar yang terletak di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu dapat menjadi penggerak ekonomi di masa depan.

“Nusantara, diharapkan dapat menjadi penggerak ekonomi Indonesia di masa depan, menjadi simbol identitas nasional, dan menjadi kota dunia ideal yang dapat menjadi acuan dunia,” kata Puan saat menyampaikan Pidato dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2022 di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Selasa (16/08/2022).

Ibu Kota Negara, kata Puan, telah menjadi amanat undang-undang yang akan dilaksanakan sesuai dengan peta jalan serta pentahapan pembangunan, pemindahan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah khusus Ibu kota Negara.

Menurut dia, keberhasilan pembangunan Ibu Kota Negara bakal ditentukan oleh perencanaan dan manajemen sumber daya yang baik. Selain itu, dia menambahkan, pembangunan Ibu Kota Negara juga mesti mendapat dukungan dari seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat.

“Untuk dapat selaras dalam memaknai Ibu Kota Negara sebagai agenda kita bersama dalam membangun ekonomi Indonesia di masa depan dan momentum dalam melaksanakan paradigma pemerataan pembangunan nasional,” kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memulai tender proyek pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara senilai Rp8,12 triliun. Proyek mencakup pekerjaan perumahan, gedung istana kepresidenan, jalan hingga pengolahan sampah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa saat ini progres pembangunan IKN sudah memasuki fase land development atau pemetaan lahan. Dia menargetkan penandatanganan kontrak pemetaan lahan akan dilaksanakan pada 15 Juli 2022.

Setelah pemetaan lahan, pemerintah akan memulai pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan tol dan jalan nasional yang menjadi akses utama ke IKN.

“Mulai ini [pembangunan], jadi Agustus nanti makanya pertama kita bikin hunian para pekerja, mungkin sampai untuk 200.000-an pekerja konstruksi,” kata Basuki saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (11/7/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IKN puan maharani ibu kota negara Sidang Tahunan MPR
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top