Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenkeu: Investasi ke BUMN Lewat PMN Tembus Rp369,17 Triliun hingga 2021

Alokasi PMN meningkat secara signifikan, terutama untuk sektor infrastruktur dan konektivitas, energi, ketahanan pangan, serta kemandirian ekonomi nasional.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 12 Agustus 2022  |  18:52 WIB
Kemenkeu: Investasi ke BUMN Lewat PMN Tembus Rp369,17 Triliun hingga 2021
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersama direksi PT Sarana Multigriya Finansial (Persero), PT Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero) dan jajaran pejabat dari Kementerian Keuangan dan Kementerian BUMN seusai penandatanganan Letter of Commitment pencairan dana Penyertaan Modal Negara 2021. - Dokumen SMF
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Keuangan mencatat total investasi pemerintah melalui penyertaan modal negara (PMN) kepada BUMN mencapai Rp369,17 triliun sejak 2005 hingga 2021.

Tenaga Pengkaji Restrukturisasi, Privatisasi, dan Efektivitas Kekayaan Negara Dipisahkan DJKN Kementerian Keuangan Dodok Dwi Handoko menyampaikan, alokasi PMN tersebut meningkat secara signifikan, terutama untuk sektor infrastruktur dan konektivitas, energi, ketahanan pangan, serta kemandirian ekonomi nasional.

“Infrastruktur paling besar di angka Rp110,23 triliun [sejak 2005], kemudian perumahan, kesehatan, juga pembiayaan UMKM, kemudian energi yang didominasi oleh PLN,” katanya, Jumat (12/8/2022).

Dodok menjelaskan, berbagai manfaat dari investasi pemerintah kepada BUMN ini telah memberikan kontribusi bagi pemulihan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pada sektor pembangunan infrastruktur, misalnya, manfaat investasi mampu menciptakan lapangan kerja dan pengurangan biaya logistik.

Pada sektor pangan, berupa peningkatan penyerapan komoditas masyarakat dan kapasitas produksi/pengolahan. Sementara di sektor perumahan, dalam bentuk penyediaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Selain itu, investasi pemerintah juga ditujukan untuk mendukung pemberdayaan UMKM melalui program KUR dan program Mekaar. Program tersebut kata dia mampu mengangkat omzet dan laba pelaku UMKM penerima manfaat hingga lebih dari 50 persen per bulan dan terciptanya lapangan kerja.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Penerimaan Negara Bukan Pajak Sumber Daya Alam dan Kekayaan Negara Dipisahkan Kemenkeu Kurnia Chairi menyampaikan bahwa kontribusi BUMN terhadap APBN terus mengalami peningkatan hingga 2021.

Tercatat, kontribusi BUMN terhadap APBN mencapai Rp362 triliun pada 2021. Jika dirincikan, kontribusi terbesar BUMN berasal dari pajak, yaitu sebesar 68 persen, kemudian diikuti oleh PNBP lainnya 24 persen dan dividen 8 persen.

Untuk dividen, realisasi dividen BUMN yang disetorkan ke kas negara telah mencapai Rp37,9 triliun hingga 31 Juli 2022, terutama disumbang oleh sektor perbankan, telekomunikasi, industri mineral da batu bara, serta logistik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pmn BUMN kementerian keuangan
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top