Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bernilai Triliunan, Tol Bawah Laut IKN akan Jadi yang Paling Dalam di Dunia

Di jalan tol bawah laut IKN akan dibangun sebuah terowongan sepanjang 1,5 km.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 11 Agustus 2022  |  16:15 WIB
Bernilai Triliunan, Tol Bawah Laut IKN akan Jadi yang Paling Dalam di Dunia
Jembatan Pulau Balang I di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (10/2/2022). Jembatan Pulau Balang menjadi salah satu akses penghubung menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, jembatan tersebut menghubungkan Kota Balikpapan langsung ke Penajam Paser Utara namun hingga kini belum bisa digunakan untuk umum karena akses jalan belum selesai dikerjakan. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan memiliki tol bawah laut terdalam di dunia.

Dia mengungkapkan tol bawah laut yang dibangun merupakan bagian dari jalan tol yang akan menghubungkan antara Balikpapan-Samarinda-Jembatan Pulau Balang yang memiliki panjang kurang lebih 47 kilometer (Km).

Nantinya, guna menjaga habitat satwa endemik Kalimantan yakni bekantan, maka jalan tol tersebut akan dibangun sebuah terowongan sepanjang 1,5 km. Terowongan itu nantinya juga akan menggunakan teknologi yang berbeda.

Basuki menjelaskan, terowongan nantinya akan dibuat didaratan yang akan ditenggelamkan ke dalam laut. Dengan demikian, terowongan itu konstruksinya tidak akan mengebor lubang di dasar laut.

Saat ini, pemerintah tengah melakukan feasibility study bersama dengan Korea Selatan untuk menentukan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

“Teknologinya beda, bukan membuat lubang, dibuat di darat terus ditenggelamkan dan terdalam di dunia, kita mau bikin itu,” ujarnya di Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Kementerian PUPR mengungkapkan kebutuhan biaya untuk membangun jalan tol bawah laut di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sekitar Rp4 triliun per km.

Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja mengatakan hanya akan membangun terowongan bawah laut di jalan tol yang akan menghubungkan Balikpapan dengan IKN itu sepanjang 1,5 km.

"Biayanya Rp4 triliun per km, yang mau dibuat immersed tunnel 1,5 km itu yang di atasnya bekantan itu, untuk konservasi habitat bekantan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IKN Ibu Kota Baru ibu kota negara Pemindahan Ibu Kota Kementerian PUPR Menteri PUPR jalan tol
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top