Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungi Perbatasan Antar-Korea, Pelosi Dukung Denuklirisasi Korea Utara

Pelosi dan Ketua Majelis Nasional Korsel menyatakan keprihatinan tentang situasi mengerikan dari ancaman Korea Utara yang semakin meningkat.
Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi parlemen di Taipei, Taiwan (3/8/2022)./Antara
Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi parlemen di Taipei, Taiwan (3/8/2022)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi dan ketua DPR Korea Selatan berjanji untuk mendukung upaya mempertahankan pencegahan yang kuat terhadap Korea Utara dan mencapai denuklirisasinya.

Dilansir dari Channel News Asia pada Kamis (4/8/2022), sebuah pernyataan bersama dikeluarkan setelah Pelosi bertemu dengan Ketua Majelis Nasional Korea Selatan Kim Jin-pyo di Seoul, berisi keprihatinan mereka atas ancaman nuklir dan rudal yang berkembang dari Korea Utara.

“Kedua belah pihak menyatakan keprihatinan tentang situasi mengerikan dari ancaman Korea Utara yang semakin meningkat,” kata pernyataan itu.

Di dalamnya tertera mereka setuju guna mendukung upaya kedua pemerintah untuk mencapai denuklirisasi praktis dan perdamaian melalui kerja sama internasional dan dialog diplomatik, berdasarkan pencegahan yang kuat dan diperluas terhadap Utara.

Pelosi juga menyatakan dia dan Jin-pyo akan membahas cara-cara untuk meningkatkan kerja sama dalam keamanan regional serta masalah ekonomi dan iklim.

Diketahui, setelah singgah di Taiwan, Pelosi tiba di Korea Selatan pada Rabu malam (3/8/2022) dan bertemu dengan pejabat kedutaan AS di Seoul pada Kamis sebelum pembicaraan dengan Jin-pyo dan anggota parlemen lainnya.

Pelosi berencana untuk mengunjungi Area Keamanan Bersama di dekat perbatasan antar-Korea yang dijaga ketat.

“Berpatroli bersama oleh Komando PBB yang dipimpin Amerika dan Korea Utara,” kata seorang pejabat Korea Selatan.

Dia akan menjadi pejabat tertinggi AS yang mengunjungi daerah itu setelah Presiden AS ke-45 Donald Trump, yang bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di sana pada 2019.

Adapun, kedatangan Pelosi tidak disambut oleh Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol karena jadwalnya yang bertepatan dengan agenda libur. Demikian, mereka tidak sempat bertemu, tetapi dikabarkan akan tetap berkomunikasi melalui telepon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper