Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Keren! Ini 8 Fakta Menarik Kuala Kencana, Kota Modern di Papua

Kota Kuala Kencana di Papua disebut sebagai kota modern pertama yang menggunakan sistem utilitas di Indonesia.
1

Memiliki Fasilitas Lengkap

Kuala Kencana menjadi kota modern pertama di Indonesia yang dibangun PT Freeport Indonesia (PTFI) di Papua dan diresmikan pada 1995 / Intagram PT Freeport Indonesia.
Kuala Kencana menjadi kota modern pertama di Indonesia yang dibangun PT Freeport Indonesia (PTFI) di Papua dan diresmikan pada 1995 / Intagram PT Freeport Indonesia.
Bagikan

3. Kota Modern Pertama di Indonesia

PT Freeport Indonesia, pengembang Kuala Kencana mengklaim kawasan ini merupakan kota modern pertama yang ada di Indonesia. Mereka membangun dan mengelola Kuala Kencana sebagai kawasan pendukung kegiatan operasionalnya.

4. Bukan Kawasan Wisata

Dikutip dari situs Pemda Mimika, Kuala Kencana adalah kawasan terbatas yang dikelola PTFI dan dikhususkan untuk orang-orang yang memiliki ID PTFI atau memiliki izin tertentu.

Oleh karena itu, kota ini tidak terbuka untuk wisata. Bahkan setiap kendaraan yang akan memasuki kota ini harus melewati pemeriksanaan ketat di checkpoint perbatasan Timika-Kuala Kencana.

5. Venue PON XX Papua 2021

Kota Kuala Kencana tahun lalu berkesempatan menjadi venue pada pertandingan maraton dan lari cepat di ajang PON XX Papua.

6. Dilengkapi Fasilitas Modern

Kawasan ini diketahui merupakan komplek perumahan karyawan PTFI dan sejumlah perkantoran pun bertengger disana. Adapun fasilitas yang ditawarkan yaitu untuk olahraga seperti lapangan sepak bola, badminton indoor, futsal indoor, kolam renang standar olimpiade, hingga lapangan golf.

Tak hanya itu, Kuala Kencana juga menghadirkan beberapa fasilitas publik seperti sekolah, restoran, perpustakaan, salon, hingga alun-alun (The Plaza). Dilengkapi juga dengan tempat ibadah gereja dan masjid juga layanan perbangkan.

7. Perumahan Berkonsep Barat

Tak seperti gaya perumahan masyarakat Indonesia pada umumnya, Kuala Kencana mengusung konsep rumah tanpa pagar dengan halaman luas dan bangunan yang bergaya barat modern.

Susunan perumahan di tata dengan teratur dan rapi serta warna yang serempak menyatu dengan suasan alam yang asri.

8. Kental akan Budaya Nusantara

Meski konsep yang dibawakan menggunakan gaya barat, namun ada nilai-nilai nusantara yang terdapat di Kuala Kencana. Beberapa di antaranya yaitu tugu ikonik di alun-alun kota yang merupakan karya dari Nyoman Nuarta, pematung ternama.

Tugu tersebut menggambarkan lima sila dalam pancasila. Selain itu, alun-alun dibuat menghadap ke arah kiblat dan menggunakan konsep dari Jawa. Di sebelah barat terdapat Masjid Baiturrahim, sementara di sebelah timur terdapat Gereja Betlehem.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kuala Kencana papua Freeport freeport indonesia kota mandiri
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan
Konten Premium

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top