Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Musim Liburan, Ini Destinasi Wisata Favorit Turis di Indonesia

Ternyata, Bali tidak menjadi satu-satunya destinasi wisata yang paling diminati wisatawan selama musim liburan.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 25 Juli 2022  |  19:13 WIB
Musim Liburan, Ini Destinasi Wisata Favorit Turis di Indonesia
Prosesi pembagian uborampe di Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kraton, Jogja, Selasa (3/5/2022). - Istimewa
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA – PT Panorama Sentrawisata Tbk. (PANR) menyampaikan bahwa selain Bali, beberapa wilayah menjadi tujuan kunjungan baik untuk wisata maupun nonwisata, seperti Medan, Surabaya, hingga Makassar. 
Sekretaris Perusahaan PANR AB Sadewa mengatakan sepanjang semester I/2022, kunjungan dalam negeri meningkat secara merata hampir di seluruh pulau di Indonesia. 
“Selain Bali itu banyak rute yang sebetulnya nonleisure, mereka mengunjungi keluarga, seperti Medan, Palembang, Surabaya, dan Makassar itu tinggi, jadi relatif agak rata,” ujarnya, Senin (25/7/2022). 
Meski demikian, Bali masih menjadi destinasi nomor satu baik untuk wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman). 
Dia mengungkapkan bahwa terbukti dari momen libur sekolah semester genap lalu pada Juni hingga Juli, penjualan tiket pesawat menuju Bali full booked atau penuh.  
“Kalau Bali konteksnya buat liburan, kemarin libur sekolah itu bagus penjualan, full booked airline,” lanjutnya.  
Selain Bali, menurut Ketua DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno, destinasi Yogyakarta, Labuan Bajo, dan Bangka Belitung menjadi alternatif kunjungan dan didominasi oleh wisnus. 
Wilayah seperti Yogyakarta dan Labuan Baju diketahui menjadi tempat kegiatan pemerintah seperti pelaksanaan acara pendukung dari G20. 
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per Mei 2022, tingkat hunian kamar atau okupansi hotel di Yogyakarta menjadi yang tertinggi, hampir 98 persen. 
“Wisnus masih lebih banyak, terlebih karena liburan sekolah dan juga korporasi sudah banyak yang mengadakan kegiatan,” ujarnya.
Pengamat pariwisata Chusmeru melihat Bali masih menjadi andalan bagi wisman. Tetapi bagi wisnus, hampir semua destinasi di Indonesia ramai dikunjungi.
Bahkan berdasarkan pantauannya, biro perjalanan di sekitar Bali sudah tampak sumringah sejak momen lebaran Idulfitri hingga sekarang terutama menyambut wisman yang berlibur musim panas.
“Memang ada beberapa daerah seperti Lombok dan Labuan Bajo, tetapi kalau dibandingkan persentasenya dengan Bali masih kalah jauh,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pariwisata bali wisatawan manca negara wisatawan domestik agen perjalanan panorama sentrawisata
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top