Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sri Mulyani Temui Pejabat Korsel, Bahas Investasi hingga K-Pop

Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan pertemuan bilateral dengan Deputi Perdana Menteri Korea Selatan. Apa saja yang dibahas?
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 18 Juli 2022  |  09:54 WIB
Sri Mulyani Temui Pejabat Korsel, Bahas Investasi hingga K-Pop
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati di acara pembukaan 3rd FMCBG Meeting di Nusa Dua, Bali, Jumat (15/7/2022) - Antara.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan pertemuan bilateral secara fisik dengan Deputi Perdana Menteri Korea Selatan Choo Kyung Ho. Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas mengenai investasi hingga budaya K-Pop yang kian digemari oleh masyarakat Indonesia.

Choo menyampaikan pebisnis Korea Selayan banyak yang berminat untuk bekerja sama dengan Indonesia, khususnya di bidang otomotif, industri baja, dan industri kimia.

Hal tersebut disambut baik oleh Sri Mulyani. Dia menambahkan rencana transformasi di sektor energi dan manufaktur yang lebih bersih atau green energy and green industry akan memperlebar peluang kolaborasi di bidang tersebut.

"Potensi kerja sama ekonomi masih terbuka lebar, misalnya saat ini Indonesia sedang melakukan transformasi green energy yang juga memberikan kesempatan besar bagi perusahaan Korea Selatan, khususnya di sektor manufaktur seperti industri mobil listrik" kata Sri Mulyani melalui keterangan resminya, dikutip Senin (18/7/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Choo juga mengapresiasi kepemimpinan Indonesia sebagai Presidensi G20 lantaran mampu menjaga keutuhan G20 di tengah situasi politik yang belum mereda.

Tak hanya itu, Menteri Keuangan Korea tersebut uga mengapresiasi Presidensi G20 Indonesia yang mampu meraih pencapaian-pencapaian dari agenda Finance Track. Adapun, salah satu capaian tersebut adalah dengan didirikannya Dana Perantara Keuangan atau Financial Intermediary Fund/FIF.

Menkeu Sri Mulyani juga berterima kasih atas dukungan Korea terhadap Presidensi G20 Indonesia yang akan mencapai puncak pada pertemuan pemimpin atau leaders meeting pada November 2022. 

Tak lupa dia memberikan ucapan selamat kepada pemerintahan baru Korea Selatan. Pasalnya. Choo Kyung Hyo pada 11 Mei lalu dilantik sebagai Deputi Perdana Menteri sekaligus Menteri Keuangan Korea.

Pertemuan keduanya, tentu menjadi pertemuan perdana setelah Choo dilantik. Sri Mulyani meyakini hal tersebut dapat membuka lebih banyak kesempatan bagi kerja sama bilateral yang lebih kuat. 

"Hubungan Indonesia dan Korea tidak hanya business to business, namun juga memiliki hubungan people to people yang erat. Salah satunya, melalui budaya K-pop yang sangat digemari di Indonesia sehingga Korea memiliki citra yang baik di mata penduduk Indonesia," ujar Sri Mulyani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani korea selatan Kpop G20 Indonesia
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top