Kerangka Pendanaan Transisi Energi Diluncurkan

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan resmi luncurkan kerangka pendanaan transisi energi
Foto: Dok. SMI
Foto: Dok. SMI

Bisnis.com, NUSA DUA – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan resmi luncurkan kerangka pendanaan transisi energi, dan PT SMI ditunjuk sebagai country platform manager. Peluncuran ini sebagai komitmen pemberian dukungan fiskal pemerintah untuk kerangka pendanaan dan pembiayaan transisi energi di sektor ketenagalistrikan. 

Edwin Syahruzad, Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur mengatakan, peluncuran country platform ini menandai tonggak penting Indonesia sebagai bagian dari upaya mendukung transisi energi. 

"PT SMI mendapat kepercayaan sebagai country platform manager ETM. Belajar dari pengalaman kami sebelumnya dalam mengelola platform blended finance terintegrasi SDG Indonesia One, kami berharap pembentukan platform ini juga akan sukses," ujarnya di sela Soft Launching of Indonesia’s ETM Country Platform, Nusa Dua, Bali, Kamis (14/7). 

Menurutnya, sebagai ETM (energy transition mechanism) country platform manager, SMI akan berperan meliputi; koordinasi dengan pemangku kepentingan, menyusun kajian komprehensif terkait dukungan fiskal, merumuskan konsep integrasi dukungan fiskal dan fasilitas de-risking dari sumber lain yang sah, serta melakukan langkah-langkah awal yang diperlukan untuk implementasi country platform ini. 

"Kami bertujuan memberikan dukungan untuk transisi energi melalui beberapa produk, yaitu pembiayaan kembali, pembayaran berbasis kinerja, subsidi transisi energi, dan akuisisi," ujarnya. 

Selain itu, lanjutnya, SMI juga akan mengidentifikasi mekanisme yang sesuai untuk ETM dan memberikan dukungan tidak hanya dari anggaran pemerintah tetapi juga memobilisasi pembiayaan dari mitra, misalnya ADB dan mitra potensial lain. 

"Kami mendorong setiap institusi yang tertarik, untuk bergabung di sini untuk memulai diskusi dengan kami dan menjajaki kemungkinan kerjasama untuk mendukung implementasi ETM Country Platform Indonesia," ujarnya. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menambahkan, ETM country platform adalah langkah besar yang memungkinkan peningkatan infrastruktur energi Indonesia dan transisi energi bersih secara mutlak menuju emisi nol bersih dengan cara yang terjangkau. 

"Country platform ini untuk menyediakan pembiayaan yang diperlukan guna mempercepat transisi energi nasional dengan memobilisasi sumber pendanaan komersial maupun non komersial secara berkelanjutan. Ini benar-benar tantangan teknis tetapi juga finansial," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper