Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dapat Kuota Haji 100.051 Jemaah, Kemenag Kejar Penyerapan 100 Persen

Kementerian Agama mengejar penyerapan kuota haji reguler dapat mencapai 100 persen pada tahun ini.
Ilustrasi Ibadah Haji 2021/Instagram: Haramain Info
Ilustrasi Ibadah Haji 2021/Instagram: Haramain Info

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) menargetkan kuota haji reguler dapat terserap 100 persen pada tahun ini. Adapun, kuota haji Indonesia tahun ini berjumlah 100.051 orang, terdiri atas 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 kuota haji khusus. 

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief mengatakan kuota jemaah haji Indonesia sudah terserap sepenuhnya. Tetapi, dalam perjalanannya hingga keberangkatan, masih ada jemaah yang membatalkan karena alasan tertentu.

Kemenag, lanjut Hilman, sampai saat ini masih terus berupaya memenuhi target 100 persen itu. Caranya, mencari pengganti dari jemaah yang semula akan berangkat, tetapi membatalkan.

“Kita ingin kurangi angka jemaah batal berangkat. Biasanya [tahun sebelumnya] di atas 1.000 orang. Sekarang ada 90 orang haji regular yang masih berganti-ganti. Kita saat ini sedang cari penggantinya. Sesuai keinginan pak Menteri, kita upayakan bisa 100 persen,” kata Hilman di Jeddah, dikutip dari keterangan resminya, Kamis (30/6/2022)

Hilman menegaskan bahwa dirinya bersama tim akan selalu berupaya maksimal dan optimal dalam pengiriman jemaah haji. Jika nantinya masih ada jemaah yang gagal berangkat di waktu injury time, maka itu di luar batas kemampuan. 

“Misal, jemaah sudah datang ke asrama haji, kemudian sakit. Atau suami atau istrinya sakit sehingga tidak jadi berangkat. Jadi membutuhkan waktu dua hingga tiga hari untuk mencari penggantinya. Biasanya kasus seperti ini muncul ketika sudah di asrama. Rata-rata karena faktor kesehatan,” paparnya. 

Keberangkatan jemaah haji Indonesia terbagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama berlangsung dari 4 - 18 Juni 2022, jemaah berangkat dari Tanah Air menuju Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah. Pemberangkatan gelombang kedua, berlangsung dari 19 Juni hingga 3 Juli 2022. Jemaah dari Tanah Air terbang menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Saudi Arabia.

Jadi, fase keberangkatan jemaah haji Indonesia ke Arab Saudi masih berlangsung dalam lima hari ke depan dan akan berakhir pada 3 Juli 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper