Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Top 5 News Bisnisindonesia.id: dari Misi Damai Jokowi ke Ukraina dan Rusia, Target Ambisius Direksi Bursa Efek Indonesia, hingga Legenda Mitsubishi Colt

Misi damai Jokowi ke Ukraina dan Rusia menjadi salah satu pilihan Bisnisindonesia.id, selain beragam kabar ekonomi dan bisnis yang dikemas secara mendalam dan analitik tersaji dari meja redaksi Bisnisindonesia.id.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 30 Juni 2022  |  07:59 WIB
Top 5 News Bisnisindonesia.id: dari Misi Damai Jokowi ke Ukraina dan Rusia, Target Ambisius Direksi Bursa Efek Indonesia, hingga Legenda Mitsubishi Colt
Presiden Jokowi tiba di Istana Maryinsky, Kyiv disambut oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di pintu masuk Istana pada Rabu sore sekitar pukul 15.00 waktu setempat, pada Rabu (29/6 - 2022) / Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Selasa malam (28/6/2022) waktu Polandia sebuah kereta khusus bergerak menuju Kyiv, Ukraina. Di dalamnya seorang pria dari Asia bersama istri dan rombongan menuju kota yang luluh lantak diterjang peluru dan senjata lainnya dalam sebuah peperangan yang berdampak luas hingga mengancam perekonomian dunia. 

Dari Kyiv, pria itu dijadwalkan melaju ke Moskow, pusat komando yang memerintahkan penyerangan ke Kyiv dan wilayah lain di Ukraina. Misi yang diemban tidak mudah: mendorong agar perang dihentikan dan perundingan damai segera dilaksanakan.

Pria itu bukan agen Impossible Mission Force (IMF) Ethan Hunt yang diperankan aktor Tom Cuise. Pria itu adalah Presiden Joko Widodo alias Jokowi, kepala negara Asia pertama yang berkunjung ke negara yang tengah bergolak akibat perang Rusia vs Ukraina.  

Misi damai Jokowi ke Ukraina dan Rusia menjadi salah satu pilihan Bisnisindonesia.id, selain beragam kabar ekonomi dan bisnis yang dikemas secara mendalam dan analitik tersaji dari meja redaksi Bisnisindonesia.id.

Berikut intisari dari top 5 News Bisnisindonesia.id yang menjadi pilihan editor, Kamis (30/6/2022):

 

1. Misi Damai Jokowi ke Ukraina dan Rusia Hanya Mission Impossible?

Seperti diunggah di situs setkab.go.id, Presiden Jokowi dan istri, Iriana Joko Widodo,  kompak memakai jaket berwarna biru dan celana hitam. Dalam foto terlihat keduanya berjalan di samping kereta berwarna biru. Jokowi dan Iriana bertolak ke Ukraina pada Selasa (28/06/2022) pukul 21.15 waktu Polandia.

Rombongan delegasi Indonesia berangkat dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia. Presiden Jokowi dan Iriana menggunakan kereta luar biasa yang disiapkan oleh Pemerintah Ukraina sebagaimana digunakan pula oleh pemimpin negara yang berkunjung ke Ukraina beberapa waktu lalu. 

Rabu (29/6/2022) Jokowi, Iriana, dan rombongan Indonesia diperkirakan tiba di Kyiv, ibu kota Ukraina. Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana antara lain Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung. 

Upaya mendamaikan Rusia dan Ukraina bukanlah misi yang mudah. Apalagi, Rusia kini mendapat tambahan sanksi baru dari negara-negara G7. Dari hasil KTT G7 di Schloss Elmau, Jerman, negara-negara kaya itu sepakat membatasi harga ekspor minyak Rusia.

Pembatasan harga ekspor minyak Rusia diklaim pihak G7 sebagai upaya menghentikan Rusia mendapat keuntungan yang bisa digunakan untuk membiayai peran dalam invasinya ke Ukraina. Bagaimana misi damai Jokowi ke Ukraina dan Rusia

2. Menguji Target Ambisius Direksi Baru Bursa Efek Indonesia

Jajaran direksi baru Bursa Efek Indonesia telah resmi ditetapkan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) hari ini, Selasa (29/6), dengan Iman Rachman sebagai direktur utamanya.

Tak menunggu waktu lama, Iman segera menyampaikan ambisinya dalam membangun BEI selama 5 tahun ke depan. Hingga 2026 mendatang kami menargetkan kapitalisasi pasar bisa mencapai Rp13.500 triliun, dan jumlah investor serta emiten diharapkan tumbuh 2 kali lipat.

Untuk tahun ini, jajaran direksi yang baru memutuskan untuk tidak mengubah target yang telah dicanangkan oleh direksi sebelumnya. Lagi pula, sebanyak tiga orang dari tujuh direksi BEI yang baru sudah menjabat di periode sebelumnya.

Ketiganya yakni Direktur Penilaian Perusahaan, IGD Nyoman Yetna Setia; Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan, Kristian Sihar Manullang; dan Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia, Risa Effennita Rustam.

Untuk 2022, BEI menargetkan rata-rata nilai transaksi harian (RNTH) mencapai Rp13,5 triliun dan penambahan jumlah investor sebesar 30 persen. Selain itu, BEI juga menargetkan pencatatan 68 efek baru. Seperti apa target ambisius direksi baru Bursa Efek Indonesia?

3. Memantik Komitmen Mutu Produk Perikanan Tujuan Ekspor

Sebagai salah satu sumber pangan, produk perikanan dan hasil laut lainnya kini makin dicari pasar global di tengah ancaman krisis ekonomi belakangan ini.

Hitungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menunjukkan ragam produk perikanan Indonesia saat ini telah diterima di 171 negara di berbagai belahan dunia Unggulan utama ekspor produk perikanan Indonesia mencakup jenis ikan tuna, cakalang, udang, cumi-cumi, lobster, dan kepiting serta beragam produk olahannya.

Adapun negara tujuan ekspor utama antara lain Amerika Serikat, China, Jepang, dan Uni Eropa. Secara keseluruhan nilai ekspor produk perikanan Indonesia pada tahun lalu tercatat mencapai sedikitnya US$5,5 miliar dan ditargetkan bisa menvapai nilai US$6,5 miliar sepanjang tahun ini.

Selain memaksimalkan peluang ekspor yang ada melalui berbagai program peningkatan produksi perikanan baik hasil tangkapan maupun budi daya, pemerintah juga harus bisa memastikan bahwa produk yang dihasilkan ini memenuhi standard mutu dan keamanan yang disyaratkan negara tujuan. Bagaimana komitmen mutu produk perikanan tujuan ekspor?

 

4. Lelang Proyek Jalan Tol Terus Dipacu. Bagaimana Peminatnya?

Selain fokus dalam menyelesaikan pembangunan jalan tol yang saat ini tengah dikonstruksi. Pemerintah terus memacu konekivitas jalan tol dengan melelang sejumlah ruas tol di sepanjang tahun ini.

Berdasarkan data Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR, terdapat 8 ruas jalan tol yang akan dilelang pada tahun ini dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Delapan proyek jalan tol ditawarkan dengan kebutuhan biaya investasi sebesar Rp127,98 triliun.

Adapun delapan proyek KPBU jalan tol yang ready to offer antara lain Jembatan Batam – Bintan dengan panjang 14,74 Kilometer (Km) dengan nilai investasi  Rp14,12 triliun, Jalan Tol Akses Patimban sepanjang 37,05 Km dengan nilai investasi Rp18,76 triliun, Jalan Tol Semanan – Balaraja sepanjang 32,39 Km dengan nilai investasi Rp15,53 triliun

Selanjutnya, ada proyek Jalan Tol Sentul Selatan – Karawang Barat sepanjang 61,5 Km dengan nilai investasi Rp15,38 triliun, Jalan Tol Bogor Serpong via Parung sepanjang 31,3 Km dengan nilai investasi Rp8,95 triliun, Jalan Tol Elevated Cikunir – Karawaci sepanjang 40 Km dengan nilai investasi Rp26 triliun, Jalan Tol Kediri – Tulungagung sepanjang 44,51 Km dengan nilai investasi Rp10,48 triliun, dan Jalan Tol Kamal – Teluknaga – Rajeg sepanjang 38,6 Km dengan nilai investasi Rp18,76 triliun.

Dalam target Renstra tahun 2020 - 2024 yakni sepanjang 2.513 Km jalan tol dan 41 ruas ini membutuhkan biaya pengadaan tanah senilai Rp96 triliun. Di tengah situasi pandemi Covid-19, Kementerian PUPR tetap memacu pembangunan jalan tol yang tersebar di Pulau Jawa, Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Pembangunan jalan tol tetap berjalan karena menjadi bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN). Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 56 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas Perpres 3/2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN. Hingga akhir tahun 2021, panjang jalan tol mencapai 2.457 Km, selanjutnya hingga Juni 2022 panjang jalan tol yang sudah beroperasi sepanjang 2.500 Km. Seperti apa peminat lelang jalan tol?

 

5. Melanjutkan Legenda Mitsubishi Colt L300 dari Filipina

Mitsubishi New Colt L300 berstandar Euro 4 mulai dipasarkan pada Selasa (28/6/2022). Berbeda dengan model sebelumnya, generasi terbaru pikap medium ini dibuat di Filipina dengan mengusung lima pembaruan utama. 

New Colt L300 hadir untuk menyempurnakan model sebelumnya yang telah menjadi kendaraan niaga ringan andalan dan partner bisnis legendaris terpercaya konsumen di Indonesia selama lebih dari 40 tahun.

Mengusung tagline 5uper Launch, generasi terbaru pikap Mitsubishi ini mendapatkan penyempurnaan fitur yang memberi lima kelebihan, yakni mesin lebih bertenaga, kargo muat lebih banyak, interior lebih nyaman, lebih ekonomis biaya operasional dan perawatan, serta eksterior yang lebih segar. Bagaimana legenda Mitsubishi Colt L300 dari Filipina?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi bursa efek indonesia otomotif jalan tol perikanan mitsubishi
Editor : Yanita Petriella

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top