Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Xi Jinping Sebut Korupsi di China Semakin Parah dan Rumit

Presiden China Xi Jinping menyatakan bahwa korupsi di negaranya semakin parah dan rumit sehingga dia bersumpah akan bertindak tegas terhadap pelaku rasuah.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 18 Juni 2022  |  18:09 WIB
Xi Jinping Sebut Korupsi di China Semakin Parah dan Rumit
Xi Jinping Sebut Korupsi di China Semakin Parah dan Rumit - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden China Xi Jinping menyatakan bahwa korupsi di negaranya semakin parah dan rumit. Bahkan, dia bersumpah akan bertindak tegas terhadap pelaku rasuah.

"Perjuangan [antikorupsi] ini sangat rumit dan sangat sulit. Kebandelan dan bahaya korupsi tidak dapat diremehkan," kata Xi seperti dikutip dari pernyataan CCTV, dilansir Bloomberg pada Sabtu (18/6/2022).

Dalam sesi studi Komite Pusat Partai Komunis pada Jumat (17/6/2022), Xi berjanji tidak akan mentoleransi tindakan korupsi dan meminta para pejabat pemerintahannya untuk ikut mengawasi anggota keluarga dan kerabatnya.

Dia juga meminta para pejabat senior untuk tetap menjalin hubungan yang moderat dan bersih antara pemerintah dan dunia usaha.

Adapun dari industri keuangan, Politbiro China mengatakan penyelidikan Komisi Pusat untuk Inspeksi Disiplin telah membantu memperkuat kepemimpinan partai atas pengawasan dan mencegah risiko di sektor bernilai US$59 triliun ini.

Seperti diketahui, China telah mencatatkan sejumlah kasus korupsi yang menyeret direksi di sejumlah perusahaan finansial.

Salah satu kasus korupsi terbesar di sektor ini adalah yang melibatkan Lai Xiaomin, mantan bos China Huarong Asset Management Co., yang mayoritas dimiliki oleh Kementerian Keuangan China.

Lai telah dieksekusi mati pada Januari 2021 setelah menerima suap 1,8 miliar yuan atau sekitar US$278 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korupsi china xi jinping
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top