Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perubahan Rute Lintas Bogor, Penumpang KRL: Ini Menyusahkan!

Sistem transit baru KRL Commuter Line lintas Bogor menjadi kendala tersendiri bagi penumpang dari Bogor yang mengarah ke Tanah Abang, Duri, dan yang lainnya karena harus berpindah kereta
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 29 Mei 2022  |  18:03 WIB
Situasi padatnya penumpang yang antre menuju peron di stasiun Manggarai, Jakarta Selatan - Bisnis/Lukman Nur Hakim \r\n
Situasi padatnya penumpang yang antre menuju peron di stasiun Manggarai, Jakarta Selatan - Bisnis/Lukman Nur Hakim \\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Perpindahan rute perjalanan kereta rel listrik (KRL) Commuter Line lintas Bogor sejak Sabtu, 28 Mei 2022, menjadi kendala tersendiri bagi penumpang dari Bogor yang akan mengarah ke Tanah Abang, Duri, dan yang lainnya.

Salah satu penumpang asal Depok bernama Rio yang akan turun di Kemayoran mengaku kesal dengan sistem transit baru karena harus berpindah kereta di Stasiun Manggarai.

“Agak ribet kalo sekarang, harus turun dulu. Menurut saya harusnya langsung aja kayak kemarin yang arah Jakarta Kota,” ucap Rio kepada Bisnis, Minggu (29/5/2022).

Bukan hanya Rio, salah satu penumpang asal Bogor yang akan turun di Sudirman bernama Ocha mengatakan jika perubahan rute yang terjadi ini sangat menyusahkan. Pasalnya, Ocha yang bekerja di bilangan Sudirman harus berpindah kereta dan hal itu memakan lebih banyak waktu.

“Nyusahain banget, jadi harus transit ke kereta lain. Terlebih ini harus nunggu lagi kereta, gak efektif banget,” ujarnya.

Selain itu, Ocha juga mengaku kawatir dengan potensi penumpukan penumpang di stasiun Manggarai pada Senin dan hari kerja selanjutnya. Pasalnya, banyak penumpang asal Bogor atau Depok yang bekerja di Jakarta terutama di kawasan Sudirman.

Sekadar informasi, rute KRL Bogor Line dan Bekasi atau Cikarang Line mengalami perubahan mulai Sabtu (28/5/2022) sehubungan dengan switch over atau SO 5 di Stasiun Manggarai, Jakarta.

Sesuai dengan perubahan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) per 28 Mei 2022, perjalanan KRL lintas Bogor hanya melayani relasi Bogor/Depok/Nambo–Jakarta Kota pp via Stasiun Manggarai.

Sementara itu, pola operasi loop line dilayani KRL lintas Cikarang/Bekasi dengan dua skema yakni full racket Cikarang/Bekasi pp via Manggarai atau Pasar Senen, dan Half Racket Cikarang/Bekasi–Kampung Bandan/Angke pp via Manggarai.

Perjalanan KA lintas Bogor/Depok/Nambo akan dilayani di lantai 2 Stasiun Manggarai peron 10-13, lintas loop line Cikarang/Bekasi dilayani di lantai dasar peron 6 dan 7, dan perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta dilayani di lantai dasar peron 8 dan 9.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi commuter line krl transportasi massal krl jabodetabek
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top