Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menko Luhut Klaim Kinerja Ekonomi Indonesia Termasuk yang Terbaik di Dunia

Luhut membandingkan kondisi ekonomi Indonesia dengan negara lain seperti Amerika Serikat dan Rusia.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 23 Mei 2022  |  20:11 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.  - Antara
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan bahwa kinerja perekonomian Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di dunia di tengah tekanan dan ketidakpastian global yang tinggi saat ini.

Hal ini tercermin dari pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I/2022 yang tercatat tumbuh 5,01 persen secara tahunan.

“Di tengah tekanan ekonomi dunia, kinerja ekonomi Indonesia termasuk yang terbaik di dunia,” katanya melalui video conference yang dikutip Bisnis, Senin (23/5/2022).

Di samping itu, Luhut menyampaikan tingkat inflasi Indonesia yang tercatat sebesar 3,47 persen secara tahunan juga merupakan salah satu yang terendah saat ini di dunia.

Tingkat inflasi tersebut jauh lebih rendah dibandingkan dengan sejumlah negara lain, seperti Rusia yang mencapai 17 persen dan Amerika Serikat (AS) sebesar 8,3 persen.

Nilai tukar rupiah pun kata dia termasuk salah satu mata uang yang paling stabil, dengan depresiasi yang tercatat sebesar -2,5 persen secara tahun berjalan per 16 Mei 2022. Level depresiasi tersebut masih lebih rendah jika dibandingkan dengan mata uang sejumlah negara lain.

Namun demikian, Luhut menyampaikan bahwa masih ada sejumlah risiko yang perlu diwaspadai ke depan dalam mendorong pemulihan ekonomi Indonesia, di antaranya risiko dar dampak perang Rusia dan Ukraina yang mendorong kenaikan harga pangan dan energi, gejolak pasar keuangan dunia, dan terhambatnya pemulihan ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi Pertumbuhan Ekonomi ekonomi nilai tukar rupiah Luhut Pandjaitan
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top