Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga: Kapasitas Penerbangan Pengaruhi Kunjungan Wisman

Menparekraf Sandiaga menyebut kapasitas penerbangan bisa mempengaruhi kinerja kunjungan wisman.
Pesawat udara berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019)./ANTARA-Fikri Yusuf
Pesawat udara berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019)./ANTARA-Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA – Peningkatan kapasitas penerbangan di rute internasional penting untuk direalisasikan secara bertahap guna memulihkan pergerakan ekonomi dan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyikapi secara positif pembukaan kembali rute internasional oleh sejumlah maskapai. Salah satunya AirAsia yang telah membuka rute Denpasar–Perth.

Sandiaga menuturkan sejak akses perjalanan wisata antara Indonesia dan Australia kembali dibuka pada Maret 2022, wisman pasar Australia konsisten menunjukkan tingkat antusiasme yang tinggi. Hal ini merupakan sinyal baik kebangkitan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia yang secara simultan diharapkan akan menjadi pendorong kebangkitan ekonomi nasional.

"Melihat hal tersebut peningkatan seat capacity antara kedua negara perlu segera dilakukan," ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (17/5/2022).

Seperti diketahui, setelah vakum lebih dari dua tahun sejak pandemi, mulai 15 Mei kemarin AirAsia telah resmi kembali menerbangi rute Bali-Perth yang sangat populer di kalangan turis asal Australia untuk berlibur ke Bali.

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine mengatakan selama dua tahun terakhir Pandemi merupakan waktu yang tidak mudah untuk dilewati bagi industri aviasi. Tahun ini, sebutnya, keadaan sudah mulai kembali normal.

"Warga Australia, khususnya Australia Barat sangat mencintai Bali dan kami sebagai yang terdepan dalam penerbangan berbiaya hemat akan terus memberikan penawaran bernilai lebih dan promosi terbaik termasuk paket tiket dan hotel melalui airasia Super App atau airasia.com," katanya.

Dia juga cukup bergembira karena jumlah pemesanan pada rute ini terus menunjukkan tren peningkatan, yang diperkirakan akan terus tumbuh mendekati puncak libur musim dingin Australia dalam beberapa minggu ke depan.

Veranita berharap dapat secara bertahap menambah frekuensi penerbangan di rute ini hingga menjadi frekuensi awal sebelum pandemi dengan harapan agar dapat melayani lebih banyak pelanggan kami di Australia yang sudah tidak sabar berlibur di Bali.

Bagi penumpang yang akan terbang ke Perth mohon mempelajari dan memenuhi persyaratan terkini mengenai perjalanan internasional ke Australia dan negara bagian Australia Barat.

Bagi tamu yang akan terbang ke Indonesia, mohon menyertakan hasil negatif tes PCR yang sampelnya diambil maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan, mengunduh dan melengkapi data diri di aplikasi Peduli Lindungi, serta memenuhi persyaratan lainnya.

Tiket penerbangan rute Bali-Perth dan Perth-Bali sudah dapat dipesan melalui aplikasi airasia Super App, airasia.com, online travel agent dan agen penjualan tiket resmi lainnya. Untuk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih silakan hubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email ke [email protected]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper