Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kondisi Ekonomi Membaik, Indeks Keyakinan Konsumen Melesat di April 2022

Indeks Keyakinan Konsumen [IKK] April 2022 mencapai sebesar 113,1, meningkat dari 111,0 pada bulan sebelumnya.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 11 Mei 2022  |  11:08 WIB
Pedagang daging sapi segar melayani konsumen, di  Pasar Modern, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (2/6/2019). - Bisnis/Endang Muchtar
Pedagang daging sapi segar melayani konsumen, di Pasar Modern, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (2/6/2019). - Bisnis/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) melaporkan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat pada April 2022.

“Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen [IKK] April 2022 sebesar 113,1, meningkat dari 111,0 pada bulan sebelumnya,” kata Kepala Departemen Komunikasi BI melalui keterangan resmi, Rabu (11/5/2022).

Peningkatan IKK pada April tersebut didorong oleh meningkatnya persepsi konsumen terhadap ekonomi saat ini, terindikasi dari Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) April 2022 yang tercatat sebesar 98,9, lebih besar dari 93,9 pada bulan sebelumnya.

Di samping itu, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) terhadap kondisi ekonomi ke depan tetap berada di level optimis meskipun tidak setinggi bulan sebelumnya, ditopang terutama oleh ekspektasi penghasilan.

Hal ini tercermin dari IEK April 2022 yang berada pada level 127,2, sedikit termoderasi dari bulan sebelumnya sebesar 128,1.

BI mencatat, peningkatan IKK terpantau pada mayoritas kategori pengeluaran, tertinggi pada responden dengan pengeluaran >Rp5 juta per bulan.

IKK juga terpantau meningkat pada mayoritas kelompok usia responden dengan kenaikan terbesar pada responden berusia 51-60 tahun.

Secara spasial, kenaikan IKK terjadi di 9 wilayah cakupan survei, terbesar di kota Bandar Lampung, diikuti kota Samarinda dan Denpasar.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia indeks keyakinan konsumen
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top