Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Antisipasi Macet Arus Balik di Tol Trans Jawa, Ini Strategi Jasa Marga

Puncak arus balik Lebaran 2022 diperkirakan pada 7 hingga 8 Mei mendatang.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 06 Mei 2022  |  16:19 WIB
Ilustrasi kendaraan memadati pintu tol yang dikelola PT Jasa Marga Tbk. saat arus balik Lebaran 2022 - Antara
Ilustrasi kendaraan memadati pintu tol yang dikelola PT Jasa Marga Tbk. saat arus balik Lebaran 2022 - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyiapkan strategi untuk memastikan kelancaraan pada arus balik Lebaran 2022. Sejumlah rekayasa lalu lintas hingga pengoptimalan rest area menjadi fokus perusahaan.

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Tody Satria mengatakan penerapan rekayasa lalu lintas yang diterapkan di Jalan Tol Trans Jawa selalu dikoordinasi dengan stakeholders terkait dengan waktu pelaksanaannya.

"Kami terus kordinasi dengan stakeholder terutama kepolisian untuk pemberlakukan beberapa rekayasa seperti one way, contra flow dan buka tutup. Selain itu kita melakukan persiapan di rest area dan imbauan kepada pemudik untuk menyesuaikan waktu perjalanannya," ujarnya kepada Bisnis, Jumat (6/5/2022).

Adapun, Jasa Marga telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk melakukan sistem rekayasa buka tutup rest area pada saat pelaksanaan arus balik Idulfitri.

General Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasional PT Jasamarga Related Business (JMRB) Meta Herlina Puspitaningtyas menjelaskan, penerapan rekayasa buka tutup akan dilakukan guna mengurai kepadatan di dalam rest area, terutama jika sedang dilakukan rekayasa lalu lintas one way di ruas jalan tol.

Menurutnya, rest area yang dilakukan buka tutup adalah rest area yang berpotensi menimbulkan titik-titik kepadatan di jalan tol arah Jakarta. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan efektivitas rekayasa lalu lintas one way.

"Atas diskresi Kepolisian, kami masih melakukan rekayasa buka tutup rest area di jalan tol arah Jakarta secara situasional, terutama saat terjadi kepadatan di rest area selama rekayasa lalu lintas one way berlangsung," jelasnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jasa marga tol cikampek tol trans jawa Arus Balik
Editor : Anggara Pernando

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top