Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Balik: 38.400 Penumpang Kereta Api Tiba di Jakarta Hari Ini

Menjelang puncak arus balik lebaran 2022 yang diperkirakan jatuh pada akhir pekan ini, kedatangan penumpang kereta di Jakarta terus meningkat.
Penumpang kereta api Sawunggalih dari Kutoarjo tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (3/1/2022). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Penumpang kereta api Sawunggalih dari Kutoarjo tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (3/1/2022). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTAMenjelang puncak arus balik lebaran 2022 yang diperkirakan jatuh pada 6-8 Mei, kedatangan penumpang kereta api jarak jauh dengan tujuan akhir area Daop 1 Jakarta mulai meningkat. Pada Kamis (5/5/2022) hari ini misal, sekitar 38.400 penumpang dijadwalkan turun di stasiun-stasiun ibu kota.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Eva Chairunnisa menyampaikan bahwa jumlah tersebut merupakan akumulasi dari pembelian tiket KA Jarak Jauh dengan tujuan akhir Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.

Eva juga menyebutkan bahwa nantinya tidak akan dilakukan pemeriksaan kembali terhadap pengguna jasa KAI yang tiba di area Daop 1 Jakarta. Pasalnya, seluruh penumpang dipastikan telah melewati proses pemeriksaan terkait persyaratan perjalanan di stasiun keberangkatannya.

Sebagai catatan, persyaratan perjalanan dengan KA sesuai dengan SE Kementerian Perhubungan (Kemenhub) No. 49 Tahun 2022 ialah sebagai berikut.

  1. Vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukan hasil negatif screening Covid-19
  2. Vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau RT-PCR 3X24 jam
  3. Vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam
  4. Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam
  5. Pelanggan berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Tes Antigen
  6. Pelanggan berusia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

Sementara itu, meski Hari Raya Idulfitri telah berlalu, sekitar 28.700 penumpang masih melakukan perjalanan dari seluruh stasiun KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta. Berdasarkan keterangan Eva, volume keberangkatan tersebut masih tergolong tinggi.

Eva menambahkan pada hari ini Kamis (5/5/2022), terdapat 36 KA yang beroperasi dari Stasiun Gambir, delapan di antaranya merupakan KA tambahan. Sementara itu, terdapat 29 KA yang beroperasi di Stasiun Pasar Senen, tiga di antaranya merupakan KA tambahan.

Adapun volume penumpang berangkat dari Stasiun Gambir ialah sebanyak 10.100 atau 58 persen dari total tempat duduk yang disediakan yakni 17.600 kursi. Sedangkan volume penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen mencapai 15.500 atau 73 persen dari total tempat duduk yang disediakan yang berkisar 21.300 kursi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper