Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembangunan Seksi IV Tol Pasuruan-Probolinggo, Ini Hasilnya

Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo yang menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Jawa telah dilalui pemudik saat Lebaran 2022.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 30 April 2022  |  10:49 WIB
Pembangunan Seksi IV Tol Pasuruan-Probolinggo, Ini Hasilnya
Exit keluar gerbang Tol Probolinggo Timur nampak sepi, jalur ini merupakan jalan utama menuju Situbondo, Bondowoso sampai Banyuwangi. PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) Februari lalu mendapatkan pinjaman sebesar Rp1.219.162.000.000 untuk pembangunan dua ruas tol, salah satunya Ruas Tol Pasuruan - Probolinggo seksi IV yang akan mulai konstruksi pada 2022 ini, sebelumnya ruas tol Pasuruan Probolinggo hanya sampai Exit Tol Probolinggo Timur./ JIBI/BISNIS - MUHAMMAD OLGA

Bisnis.com, PROBOLINGGO — Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo yang menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Jawa di wilayah Jawa Timur telah siap melayani arus mudik Lebaran 2022.

Berdasarkan pengalaman Tim Jelajah Lebaran Bisnis Indonesia, Sabtu (30/4/2022), tol sepanjang 43,75 kilometer yang menghubungkan Pasuruan dan Probolinggo itu terlihat dilalui oleh beberapa kendaraan yang hendak mudik menuju kawasan di timur Jawa.

Jalur tol buatan Waskita Transjawa Toll Road (WTTR), anak usaha dari Emiten kontraktor BUMN PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) ini memiliki desain yang cantik dengan sejumlah lengkungan yang halus mengikuti kontur geografis yang sudah tertanam pada wilayah itu.

Sementara itu, petakan sawah milik petani lokal berjejer mendampingi setiap pinggiran jalan tol yang dioperasikan oleh PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol (TPJT). Saat ini 99,99 persen saham TPJT dimiliki oleh WTTR dan 0,01 persen dimiliki oleh Koperasi Waskita.

“Jalan tol yang tadi pemandangannya sangat indah, tadi yang saya lewati cenderung lancar, ada sedikit kontur yang tidak rata permukaannya tapi memang tidak berpengaruh besar pada kenyamanan berkendara,” kata salah satu awak Tim Jelajah Lebaran Bisnis Indonesia, Ryan, Sabtu (30/4/2022).

Saat melewati Gerbang Tol Probolinggo Timur, Tim Jelajah Lebaran Bisnis Indonesia juga melihat titik pembangunan lanjutan seksi IV Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo yang berencana dilanjutkan pada tahun ini.

Mengutip keterbukaan informasi WSKT, Selasa (15/2/2022), melalui anak usaha PT Waskita Toll Road, WSKT memberikan pinjaman sebesar Rp1.219.162.000.000 kepada Waskita Transjawa Toll Road (WTTR) anak usaha dari WTR untuk pembangunan Jalan Tol Pasuruan–Probolinggo Seksi IV.

Pinjaman kedua sebesar Rp204,475 miliar untuk pembayaran retensi konstruksi seksi III dan IV pembangunan ruas jalan tol Pejagan – Pemalang.

WTR merupakan anak perusahaan WSKT dengan kepemilikan sebesar 87,60 persen dan WTTR merupakan anak perusahaan WTR dengan kepemilikan sebesar 39,5 persen.

Sebelumnya, Anak perusahaan PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Toll Road (WTR) memproyeksikan trafik lebaran untuk ruas tol Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang dan Pemalang Batang mencapai 1,5 juta kendaraan hingga masa arus balik nanti.

Corporate Secretary WTR Alex Siwu mengatakan peningkatan arus mudik pada lebaran tahun ini diproyeksikan mencapai 30 persen jika dibandingkan dengan torehan 2019.

“Prediksi trafik tersebut meningkat dibandingkan dengan realisasi trafik pada Lebaran 2019 yaitu sebesar 10 hingga 15 persen,” kata Alex melalui pesan WhatsApp, Kamis (28/4/2022).

WTR melalui Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang dimilikinya yaitu Semesta Marga Raya (SMR), Pejagan Pemalang Toll Road (PPTR) dan Pemalang Batang Tol Road (PBTR) optimis dapat mencetak peningkatan laba hingga 20 persen pada momentum lebaran tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol waskita karya Mudik Lebaran mudik waskita toll road
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top