Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik Pakai Mobil Listrik, Ini Lokasi SPKLU di Tol Trans Jawa

PLN menyiapkan SPKLU di Tol Trans Jawa bagi pengguna kendaraan listrik yang mudik Lebaran.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 30 April 2022  |  14:32 WIB
Komisari PT PLN (Persero) Dudy Purwagandhi mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Jalan Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (26/12/2020). - ANTARA
Komisari PT PLN (Persero) Dudy Purwagandhi mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Jalan Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (26/12/2020). - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) menyiagakan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di delapan rest area sepanjang Tol Trans Jawa untuk memenuhi kebutuhan para pengguna mobil listrik saat mudik Lebaran.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Diah Ayu Permatasari mengatakan, para pemilik electric vehicle (EV) kini tak perlu ragu lagi membawa kendaraan listriknya ke kampung halaman karena PLN menyiagakan seluruh SPKLU di rest area sepanjang Tol Trans Jawa. Dia memastikan seluruh infrastruktur kelistrikan untuk kendaraan listrik berjalan optimal dalam memfasilitasi masyarakat yang akan mudik pada tahun ini.

"Saat ini, PLN sudah mengoperasikan SPKLU di delapan rest area sepanjang Tol Trans Jawa. Dari mulai Cikampek hingga Kertosono, Madiun," ujar Diah melalui siaran pers, dikutip Sabtu (30/4/2022).

Delapan titik tersebut berada di Rest Area KM 519 A (Solo Ngawi), Rest Area KM 519 B (Ngawi Solo), Rest Area KM 389 B (Batang - Semarang), Rest Area KM 379 A (Semarang - Batang), Rest Area KM 626 B (Kertosono, Madiun), Rest Area KM 207 A (Palikanci, Cirebon), Rest Area 208 B (Palikanci), dan Rest Area KM 6 (Jakarta -Cikampek).

Tak hanya di rest area, kata Diah, para pemudik juga bisa memakai fasilitas SPKLU yang tersedia di PLN. PLN saat ini sudah mengoperasikan lebih dari 126 SPKLU yang tersebar di 97 lokasi di 48 kota seluruh Indonesia.

"Jika para pemudik juga hendak jalan jalan di kota singgah sekitar Tol Trans Jawa, pemudik EV bisa memanfaatkan SPKLU yang tersedia di kantor unit PLN," katanya.

Diah menjelaskan pada tahun ini, pemerintah menargetkan ada 580 SPKLU yang beroperasi. Saat ini, PLN aktif menggenjot pembangunan SPKLU. Diharapkan pada momen Lebaran berikutnya makin meningkatkan gairah para pemilik EV untuk mudik ke kampung halaman dengan meningkatnya fasilitas EV di ruang publik.

Bagi masyarakat yang mudik menggunakan mobil listrik dapat menggunakan fitur electric vehicle di PLN Mobile untuk mengetahui lokasi 126 SPKLU yang tersebar di 48 kota di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Mudik Lebaran mudik stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU)
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top