Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara Hasanuddin Mulai Layani Penerbangan Internasional AirAsia

Bandara AP I kembali melayani penerbangan internasional reguler, yaitu Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 29 April 2022  |  22:29 WIB
Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.  - Kementerian BUMN
Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. - Kementerian BUMN

Bisnis.com, JAKARTA - Bandara Sultan Hasanuddin Makassar kembali melayani rute penerbangan internasional reguler, ditandai dengan mendaratnya penerbangan AirAsia AK330 asal Kuala Lumpur.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (persero) atau AP I mengatakan saat ini satu lagi bandara AP I kembali melayani penerbangan internasional reguler, yaitu Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Dia pun menyambut hal ini dengan positif, mengingat semakin banyaknya bandara AP I yang berfungsi sebagai pintu masuk penerbangan internasional reguler.

“Kami optimistis hal ini akan semakin mendorong peningkatan trafik penumpang dan penerbangan internasional reguler di bandara kami," ujarnya melalui keterangan resmi, Jumat (29/4/20220).

Sambutan positif dari Manajemen Angkasa Pura I dan sejumlah instansi komunitas bandara juga ditunjukkan melalui pengalungan kain khas Toraja kepada pilot, co-pilot, dan awak kabin yang bertugas memastikan kenyamanan dan keselamatan penumpang penerbangan perdana rute internasional reguler yang kembali beroperasi di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar tersebut.

Menurut jadwal, penerbangan ini akan beroperasi dengan frekuensi 2 kali per minggu, yaitu pada hari Kamis dan Sabtu. Maskapai AirAsia menggunakan pesawat jenis Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang, sehingga pada penerbangan perdana ini load factor pesawat mencapai 78 persen.

Penerbangan yang mengangkut 140 penumpang tersebut mendarat di runway bandara pada pukul 10.21 WITA, serta disambut dengan prosesi seremonial water salute dari dua mobil pemadam kebakaran milik PT Angkasa Pura I.

Hal ini menjadikan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sebagai bandara keempat di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I yang kembali melayani penerbangan rute internasional reguler, setelah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Juanda Surabaya.

Hal ini sejalan dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE No.42/2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin, Wahyudi, berharap penerbangan perdana ini dapat menjadi awal yang baik bagi penerbangan internasional di bandara yang dipimpinnya tersebut.

Sebelum pandemi, kata dia, AirAsia melayani penerbangan luar negeri setiap hari.

“Semoga seiring berjalannya waktu dan apabila kondisi semakin baik, Air Asia dapat kembali beroperasi setiap hari,” ujar Wahyudi.

Sejak ditetapkan kembali sebagai titik masul penerbangan internasional pada awal Februari 2022, Angkasa Pura I mencatat peningkatan jumlah trafik pergerakan pesawat dan penumpang rute internasional.

Hingga triwulan pertama tahun 2022, Angkasa Pura I mencatat telah melayani sebanyak 1.382 pergerakan pesawat udara, serta 43.955 penumpang rute internasional. Jika dirinci, jumlah pergerakan pesawat di bulan Maret 2022 yang mencapai 695 pergerakan pesawat mengalami pertumbuhan sebesar 127 persen jika dibandingkan dengan catatan bulan Februari 2022 yang sebanyak 306 pergerakan pesawat.

Untuk pergerakan penumpang rute internasional di bulan Maret 2022, Angkasa Pura I mencatat telah melayani sebanyak 37.208 penumpang, atau mengalami pertumbuhan hingga 686 persen jika dibandingkan dengan catatan di bulan Februari 2022 di mana terdapat 4.731 penumpang terlayani.

Sedangkan untuk catatan bulan April, Angkasa Pura I mencatat hingga tanggal 26 April, sebanyak 905 pergerakan pesawat dan 127.488 penumpang rute internasional telah terlayani.

Setelah menurunkan penumpang, pesawat yang sama kembali mengudara untuk terbang ke Kuala Lumpur pada pukul 11.25 WITA dengan membawa 66 penumpang. Penerbangan ini menggunakan nomor penerbangan AK331.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airasia bandara bandara sultan hasanuddin Bandara Internasional
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top