Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenko Perekonomian Gelar Seleksi Terbuka 4 Jabatan Pimpinan Tinggi, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Empat jabatan tersebut yakni Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri, Staf Ahli Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan Sumber Daya Manusia, Staf Ahli Bidang Pembangunan Daerah, dan Staf Ahli Bidang Konektivitas, Pengembangan Jasa, dan Sumber Daya Alam.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 22 April 2022  |  16:55 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) menggelar seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi madya.

Dalam Pengumuman Nomor KP.4/ 1 /PANSEL.EKON/04/2022 tentang Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kemenko Perekonomian Tahun 2022, sebanyak 4 jabatan dibuka untuk Warga Negara Indonesia (WNI), baik PNS maupun non PNS.

Empat jabatan tersebut yakni deputi bidang koordinasi perniagaan dan industri, staf ahli bidang transformasi digital, kreativitas, dan sumber daya manusia, staf ahli bidang pembangunan daerah, dan staf ahli bidang konektivitas, pengembangan jasa, dan sumber daya alam.

Berikut syarat dan cara mendaftarnya.


Syarat Bagi Calon dari Kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS)

1. Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil.

2. Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah pascasarjana (S2).

3. Memiliki pangkat minimal Pembina Utama Muda (Golongan IV/c).

4. Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai Standar Kompetensi Jabatan yang dibutuhkan.

5. Memiliki pengalaman jabatan dalam bidang tugas manajerial atau yang terkait dengan Jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama 7 (tujuh) tahun.

6. Sedang atau pernah menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama atau Jabatan Fungsional jenjang Ahli Utama, paling singkat 2 (dua) tahun.

7.Memiliki rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas yang baik, sebagai berikut:
- Nilai Prestasi Kerja paling kurang bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir;
- Tidak sedang dalam proses pemeriksaan pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah menjalani hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku selama 2 (dua) tahun terakhir, dan tidak sedang dalam proses peradilan pidana;

8. Berusia paling tinggi 58 (lima puluh delapan) tahun pada saat akan diangkat dalam jabatan yang dilamar.

9. Sehat jasmani, rohani, serta bebas narkoba. Dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter/Rumah Sakit Pemerintah, yang masih berlaku selama 3 (tiga) bulan (Wajib dilengkapi sampai dengan peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir. Apabila di kemudian hari ditemukan peserta yang lulus namun dinyatakan tidak sehat/tidak bebas narkoba, maka Panitia Seleksi berhak membatalkan kelulusan peserta).

10. Mendapat persetujuan/rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian atau pejabat yang mendapat delegasi untuk itu.

11. Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi anggota Partai Politik dan tidak pernah menjadi calon anggota legislatif dari Partai Politik, serta tidak pernah menjadi pimpinan/anggota organisasi terlarang.

12. Telah menyerahkan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Tahun 2021.

13. Telah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) atau Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) tahun 2021.

14. Mengajukan surat lamaran yang ditandatangani oleh pelamar ditujukan kepada Ketua Panitia Seleksi.

15. Berkomitmen untuk menandatangani Pakta Integritas.


Syarat Bagi Calon dari Kalangan Non PNS

1. Warga Negara Indonesia.

2. Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah pascasarjana (S2).

3. Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai Standar Kompetensi Jabatan yang dibutuhkan.

4. Memiliki pengalaman dalam bidang tugas yang terkait dengan Jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama 10 (sepuluh) tahun di bidang teknis atau manajerial.

5. Memiliki rekam jejak, integritas, dan moralitas yang baik.

6. Berusia paling tinggi 58 (lima puluh delapan) tahun pada saat akan diangkat dalam jabatan yang dilamar.

7. Sehat jasmani, rohani, serta bebas narkoba. Dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter/Rumah Sakit Pemerintah, yang masih berlaku selama 3 (tiga) bulan (Wajib dilengkapi sampai dengan peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir. Apabila di kemudian hari ditemukan peserta yang lulus namun dinyatakan tidak sehat/tidak bebas narkoba, maka Panitia Seleksi berhak membatalkan kelulusan peserta).

8. Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi anggota Partai Politik dan tidak pernah menjadi calon anggota legislatif dari Partai Politik paling singkat 5 tahun sebelum pendaftaran dan tidak pernah menjadi pimpinan/anggota organisasi terlarang.

9. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara, tidak pernah dijatuhi hukuman pidana maupun perdata, tidak menjalani hukuman/tidak dalam proses pemeriksaan pelanggaran.

10. Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat dari PNS, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau Pegawai BUMN/swasta.

11. Telah menyerahkan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Tahun 2021.

12. Mengajukan surat lamaran yang ditandatangani oleh pelamar ditujukan kepada Ketua Panitia Seleksi.

13. Berkomitmen untuk menandatangani Pakta Integritas.

Cara Mendaftar

1. Pendaftaran dan unggah dokumen dilakukan secara online melalui website https://rekrutmen.ekon.go.id pada tanggal 14 s.d. 28 April 2022 (ditutup pukul 23.59 WIB).

2. Pelamar hanya dapat mendaftar pada 1 (satu) pilihan jabatan.

3. Surat lamaran dan dokumen pendukung lainnya diunggah melalui menu pendaftaran dengan tautan: https://rekrutmen.ekon.go.id/jpt.

4. Dokumen lamaran dalam bentuk scan digital dengan menggunakan format pdf berwarna, serta dibuat dalam bentuk 1 (satu) file format zip/rar dengan kapasitas maksimal 10 MB.

5. Seluruh pengumuman dalam tahapan seleksi akan disampaikan melalui website https://rekrutmen.ekon.go.id. Peserta seleksi diimbau untuk aktif mengakses website dimaksud.

Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui website https://rekrutmen.ekon.go.id.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenko perekonomian
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top