Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menteri PUPR: Jalur Mudik di Jawa dan Sumatra 100 Persen Siap Dilalui Pemudik

menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan jalur mudik di Jawa dan Sumatra 100 persen siap dilalui pemudik.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 21 April 2022  |  15:37 WIB
Foto udara Simpang Susun Cileunyi penghubung tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (24/1/2022). Bisnis - Rachman
Foto udara Simpang Susun Cileunyi penghubung tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (24/1/2022). Bisnis - Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan seluruh jalur mudik di Pulau Jawa dan Pulau Sumatra dalam keadaan siap untuk dilalui para pemudik pada Lebaran tahun ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan memastikan prasarana jalan nasional tol dan nontol serta jembatan siap untuk dilalui pemudik pada Lebaran Tahun 2022. Menurutnya, dukungan prasarana jalan dan jembatan yang menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR merupakan salah satu faktor lancarnya perjalanan mudik.

Untuk di Pulau Jawa, seluruh jalan nasional seperti ruas Pejagan-Purwokerto-Prupuk sudah dalam kondisi bagus dan juga perbaikan jalan nasional Lamongan-Gresik sepanjang 16 km juga telah dirampungkan. Basuki menyebut, secara umum kesiapan jalan dan jembatan untuk jalur mudik tahun 2022 sudah dalam kondisi yang baik.

Sementara itu, untuk jembatan di Pulau Jawa, Basuki menyebutkan terdapat Jembatan Ploso di Kabupaten Jombang yang baru diresmikan dan Jembatan Ngaglik di Kabupaten Lamongan di Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang sudah selesai diperbaiki.

"Kelancaran perjalanan mudik ini tergantung pada tiga hal, pertama adalah prasarana infrastruktur yang tersedia, kedua regulasi atau manajemen lalu lintas, ketiga adalah perilaku pengguna prasarana atau pemudik," kata Basuki dalam keterangan resminya, Kamis (21/4/2022).

Lebih lanjut, Basuki menjelaskan bahwa untuk jalur mudik di Sumatra, perbaikan Jalan Nasional Lintas Timur (Jalintim) di Sumatera Selatan juga sudah selesai.

Basuki menegaskan, kesiapan jalan tol di Pulau Jawa dan Sumatra telah dalam keadaan siap 100 persen untuk dilalui para pemudik.

"Hanya untuk tempat istirahat dan pelayanan atau rest area saja saya instruksikan perlu segera dipasang toilet sementara berupa bilik-bilik toilet, minimal 50 unit untuk pria dan 50 unit untuk wanita agar tidak terjadi antrean di rest area," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mudik Lebaran Mudik Lebaran mudik idulfitri Info Mudik Kementerian PUPR Menteri PUPR
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top