Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kinerja Moncer, IPC TPK Siap Ekspansi ke Luar Negeri

IPC Terminal Petikemas siap melakukan ekspansi ke luar negeri untuk meningkatkan daya saing.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 02 April 2022  |  14:26 WIB
Kinerja Moncer, IPC TPK Siap Ekspansi ke Luar Negeri
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (15/2/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT IPC Terminal Petikemas (TPK) disebut berkontribusi hampir 30 persen arus peti kemas atau throughput terhadap kinerja subholding Pelindo Terminal Petikemas pascamerger. Untuk itu, anak perusahaan PT Pelindo Terminal Petikemas tersebut menargetkan ekspansi hingga pelabuhan di luar ke depannya.

Komisaris Utama IPC Terminal Petikemas Muarip mengapresiasi pencapaian kinerja bongkar muat tersebut, yang dilakukan di seluruh area kerja perusahaan selama 2021. Hal tersebut disampaikannya pada Rapat Kerja Nasional IPC Terminal Petikemas 2022 di Bandar Lampung, Kamis (31/3/2022).

Ke depannya, Muarip menegaskan perusahaan harus mendorong kontribusi dalam tumbuhnya konektivitas di Indonesia, dan menyiapkan persaingan dengan pelabuhan di luar mulai tahun ini. Dia menyebut IPC TPK harus menjadi barometer operasional terminal petikemas di seluruh Indonesia.

"Tantangan bagi kita semua untuk terus melakukan peningkatan baik dari sisi pelayanan maupun peningkatan kompetensi SDM. Peningkatan pelayanan meliputi optimalisasi muatan kapal, meningkatan percepatan bongkar muat peti kemas serta penyampaian data yang lebih akurat. Tujuan akhirnya adalah untuk menekan biaya logistik nasional," kata Muarip dikutip dari siaran pers, Sabtu (2/4/2022).

Di samping itu, IPC TPK sedang mempersiapkan National Integrated Container Terminal Network yang bertujuan untuk mengembangkan dan menjelajahi potensi maritim Tanah Air yang diyakini dapat menurunkan biaya logistik nasional.

Tidak hanya itu, IPC TPK tengah mendorong beragam upaya transformasi di antaranya digitalisasi layanan, peningkatan budaya dan pengembangan SDM, serta optimalisasi peralatan bongkar muat petikemas.  

Tahun ini, IPC TPK menargetkan peningkatan kinerja operasi dari tahun sebelumnya yakni ke 2,8 juta TEUs atau twenty-foot equivalent units. Selain itu, IPC Petikemas menargetkan pendapatan Rp2,6 triliun dan EBITDA Rp236,7 milyar.

Di sisi lain, Direktur Utama IPC TPK Wahyu Hardiyanto menyoroti bahwa manager area memiliki peranan penting sebagai garda terdepan dalam pencapaian target IPC TPK.

"Dengan rasa optimis kita terus melakukan sinergi dengan kantor pusat, sinergi dengan pengguna jasa, sinergi dengan customer dan terus melakukan yang terbaik supaya target IPC TPK di tahun ini dapat tercapai," ujar Wahyu.

Adapun, rapat dihadiri oleh Dewan Komisaris IPC TPK, Dewan Direksi IPC TPK, Direktur Strategi & Komersial Subholding Pelindo Terminal Petikemas Rima Novianti beserta jajaran dan manajemen IPC TPK. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peti kemas pelindo terminal peti kemas
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top