Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Qatar Airways Tambah Penerbangan ke Bali, Turis Internasional Siap Masuk

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada Minggu (27/3/2022) kembali melayani penerbangan internasional reguler tambahan dari Qatar Airways.
Suasana terminal kedatangan bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Senin (7/3/2022) pada hari pertama uji coba bebas karantina PPLN/Bisnis-Wibi Pangestu.
Suasana terminal kedatangan bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Senin (7/3/2022) pada hari pertama uji coba bebas karantina PPLN/Bisnis-Wibi Pangestu.

Bisnis.com, JAKARTA - Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada Minggu (27/3/2022) akan kembali melayani penerbangan internasional reguler tambahan dari Qatar Airways.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan rute dari Qatar Airways akan menghubungkan Bali dengan Doha. Proyeksi penumpang yang mendarat dan berangkat dari penerbangan ini pun cukup banyak.

"Kami cukup optimis dengan proyeksi pertambahan penerbangan internasional dan pertumbuhan penumpang rute internasional," ujarnya melalui keterangan resmi, Jumat (25/2/2022).

Mengutip dari data AP I semenjak beroperasi kembali pada 3 Februari 2022 lalu, sebanyak 18.614 penumpang dan 217 pergerakan pesawat udara rute internasional reguler telah terlayani di Bandara I Gusti Ngurah Rai hingga Rabu (23/03).

Jika dirinci, sebanyak 12.439 penumpang rute internasional tiba di Bali melalui 111 pergerakan pesawat udara. Sedangkan untuk rute keberangkatan internasional, 6.175 penumpang dan 106 pergerakan pesawat telah terlayani dari periode 3 Februari hingga 23 Maret.

Faik menyebut jika dirata-rata, Bandara I Gusti Ngurah Rai melayani 365 penumpang dan 4 pergerakan pesawat rute internasional per hari. Dia semakin optimis penerbangan internasional akan semakin menggeliat, terutama dengan berlakunya SE Menteri Perhubungan No.22/2022 yang mengatur masa karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yaitu 7x24 jam bagi yang telah menerima vaksin dosis pertama, dan 1x24 jam bagi PPLN yang telah menerima vaksin dosis kedua atau dosis ketiga.

Dengan berlakunya aturan baru ini, pihaknya mengimbangi dengan memastikan kualitas fasilitas dan layanan kepada pengguna jasa, serta implementasi protokol kesehatan yang ketat dan sesuai dengan SOP yang berlaku.

"Sehingga proses kedatangan dan keberangkatan penumpang dapat berjalan dengan lancar, aman, nyaman, dan sehat," imbuhnya.

Terbaru, Bandara I Gusti Ngurah Rai kembali melayani tambahan penerbangan rute internasional dengan beroperasinya penerbangan dari maskapai AirAsia dengan rute Kuala Lumpur-Bali pp. Rute ini kembali beroperasi dengan penerbangan perdana AirAsia AK376 yang mendarat perdana di Bali pada Senin (21/3/2022) pukul 13.25 WITA, dengan mengangkut 106 penumpang.

Setibanya di Bali, penerbangan yang menggunakan pesawat tipe Airbus A320 tersebut disambut dengan water salute. Pesawat yang sama kemudian kembali menuju Kuala Lumpur dengan menggunakan nomor penerbangan AK377 pada pukul 13.55 WITA di hari yang sama dengan mengangkut 6 penumpang.

Dengan beroperasinya penerbangan AirAsia rute Kuala Lumpur-Bali pp tersebut, tercatat hingga saat ini telah terdapat tujuh maskapai penerbangan yang mengoperasikan penerbangan rute internasional reguler di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Tercatat, lima rute telah terhubung dengan Bali, yaitu Singapura, Sydney, Melbourne, Tokyo melalui Bandara Narita, serta yang terbaru adalah Kuala Lumpur.

Per Kamis (24/3/2022), rute penerbangan kedatangan internasional yang beroperasi di Bandara I Gusti Ngurah Rai adalah Garuda Indonesia GA881 rute Narita-Bali yang beroperasi setiap Kamis; Singapore Airlines SQ938 rute Singapura-Bali setiap Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu; Singapore Airlines SQ944 rute Singapura-Bali setiap Selasa, Kamis, Sabtu; Scoot TR288 rute Singapura-Bali setiap Senin, Jumat, dan Minggu; Garuda Indonesia GA715 rute Sydney-Bali setiap Jumat; JetStar Asia 3K243 rute Singapura-Bali setiap Selasa, Jumat, dan Sabtu; KLM KL835 rute Singapura-Bali setiap Rabu dan Sabtu; JetStar Airways JQ43 rute Melbourne-Bali setiap Senin; dan AirAsia AK376 rute Kuala Lumpur-Bali setiap Senin dan Jumat.

Sedangkan untuk rute keberangkatan internasional adalah penerbangan Singapore Airlines SQ939 rute Singapura-Bali setiap Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu; Singapore Airlines SQ945 rute Singapura-Bali setiap Selasa, Kamis, Sabtu; Scoot TR289 rute Singapura-Bali setiap Senin, Jumat, Minggu; JetStar Asia 3K244 rute Singapura-Bali setiap Selasa, Jumat, Minggu; KLM KL836 rute Singapura-Bali setiap Rabu dan Sabtu; JetStar JQ44 rute Melbourne-Bali setiap Selasa; dan AirAsia AK377 rute Kuala Lumpur setiap Senin dan Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper