Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kawasan Industri Palu Bakal Direvitalisasi Sejak Kena Gempa 2018

Kementerian Perindustrian segera melakukan revitalisasi Kawasan Industri Palu yang sempat terkenal bencana gempa pada 2018.
Kawasan Berikat Nusantara (KBN) /kbn.co.id
Kawasan Berikat Nusantara (KBN) /kbn.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Kawasan Industri Palu akan menjalani revitalisasi usai terdampak bencana gempa pada 2018. 

Kementerian Perindustrian sebelumnya memfasilitasi pembangunan infrastruktur di dalam Kawasan Industri Palu selama periode 2014 – 2017, yaitu pembangunan kantor pengelola kawasan industri, jalan poros sepanjang 1.600 meter dan gedung Pusat Inovasi Rotan Nasional (PIRNas) serta Sentra Industri Kecil dan Industri Menengah (IKM).

Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin Eko Cahyanto menjelaskan saat ini kegiatan pelayanan dan perkantoran kawasan industri dipindahkan dan dilakukan di kantor sementara, sedangkan kegiatan riset rotan terpaksa dihentikan. 

“Dampak gempa dan tsunami yang melanda Kota Palu dan sekitarnya pada 2018 lalu terhadap infrastruktur di dalam Kawasan Industri Palu menyebabkan bangunan gedung kantor pengelola dan PIRNas rusak parah dan tidak dapat dipergunakan untuk kegiatan administrasi dan perkantoran maupun penelitian dan pengembangan rotan,” kata Eko di Jakarta, Senin (21/3/2022).

Eko menjelaskan pada 16 Maret 2022 pihaknya telah menyelanggarakan Forum Group Discussion (FGD) dengan Pemerintah Daerah yang sepakat untuk melakukan rehabilitasi atau pembangunan kembali KI/KEK Palu dan PIRNas.

Adapun, terkait realisasi investasi di KI Palu, Kepala Administrator KEK Palu, Yusrini menyampaikan nilainya telah mencapai Rp281,6 miliar hingga akhir 2021. Saat ini sudah terdapat lima industri yang berproduksi di dalam KI dan 3 industri yang masih dalam proses konstruksi serta 27 perusahaan potensial lainnya yang akan berinvestasi di dalam KI Palu.

Eko pun berharap agar dukungan anggaran rehabilitasi atau pembangunan kembali tersebut dapat terlaksana pada 2023 mendatang dan tidak tertunda lagi.

Selain itu, diperlukan dukungan penuh dari pemerintah daerah dan Pengelola Kawasan Industri untuk mewujudkan pengembangan KI Palu sehingga memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat Kota Palu maupun Sulawesi Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper