Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Belanja Pesta & Resepsi Anjlok, Biaya Kesehatan Naik. Simak Datanya

Pengeluaran per kapita masyarakat untuk pesta dan resepsi anjlok ke level terendah. Sementara itu, pengeluaran untuk kesehatan naik. Simak datanya di sini.
DataIndonesia.id
DataIndonesia.id - Bisnis.com 19 Februari 2022  |  08:12 WIB
Pengeluaran masyarakat untuk kesehatan cenderung naik. Foto ilustrasi.  - Antara
Pengeluaran masyarakat untuk kesehatan cenderung naik. Foto ilustrasi. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pengeluaran per kapita masyarakat untuk pesta dan resepsi anjlok ke level terendah. Sementara itu, pengeluaran untuk kesehatan naik. Simak data dan visualisasinya di sini.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, rata-rata pengeluaran per kapita untuk keperluan pesta dan upacara di Indonesia sebesar Rp15.328 setiap bulan pada 2021. Jumlah itu merupakan yang terendah selama lima tahun terakhir. Selengkapnya di sini

Tahun-tahun sebelumnya, tren pengeluaran per kapita untuk keperluan pesta dan upacara di dalam negeri terus mengalami peningkatan. Namun, pengeluaran tersebut menurun akibat pandemi Covid-19.

Pasalnya, pemerintah membatasi kegiatan pesta karena dapat memicu kerumunan. Hal itu lebih lanjut akan meningkatkan potensi penularan Covid-19 di tengah masyarakat.

Selain itu, pengeluaran masyarakat lebih difokuskan untuk berbagai hal prioritas lainnya. Salah satunya adalah biaya kesehatan yang rata-rata pengeluarannya meningkat 8,94% dari Rp31.545 menjadi Rp34.364 setiap bulan pada 2021. Selengkapnya mengenai pengeluaran kesehatan di DataIndonesia.id

Adapun rata-rata pengeluaran per kapita untuk keperluan pesta dan upacara di perkotaan tercatat turun 38,88% menjadi Rp17.643 per bulan. Sedangkan, rata-rata pengeluaran per kapita untuk kegiatan tersebut di perdesaan turun 23,66% menjadi Rp12.282 per bulan.

Anda dapat menyimak berbagai rangkuman data sosial ekonomi seperti di atas melalui Dataindonesia.id. DataIndonesia.id menyajikan beragam data untuk membantu Anda mengambil keputusan yang lebih tepat. Ada data tentang bursa dan keuangan, data mengenai industri dan sektor riil, mengenai perkembangan digital, internet dan telekomunikasi, serta data mengenai indikator sosial kemasyarakatan. Selengkapnya di sini.

Anda juga dapat mengakses arsip lengkap mengenai regulasi (peraturan yang dikeluarkan pemerintah), dokumen laporan-laporan industri dan kinerja yang diterbitkan pemerintah serta lembaga kredibel di sini dan di sini serta di sini.

Tidak ketinggalan juga di DataIndonesia.id terdapat arsip mengenai hasil RUPS, kinerja perubahaan terbuka, prospektus ringkas, serta arsip berita dari koran. Selengkapnya di sini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja Inflasi kesehatan Pertumbuhan Ekonomi jht

Sumber : DataIndonesia.id

Editor : Setyardi Widodo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top