Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rest Area Gunung Mas Puncak Selesai Dibangun, Bisa Tampung 516 Pedagang

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akhirnya merampungkan pembangunan Rest Area Gunung Mas di Kawasan Puncak Bogor.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 06 Februari 2022  |  16:14 WIB
Rest Area Gunung Mas Puncak. - Kementerian PUPR
Rest Area Gunung Mas Puncak. - Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akhirnya merampungkan pembangunan Rest Area Gunung Mas di Kawasan Puncak Bogor.

Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian PUPR, @kemenpupr, Rest Area Gunung Mas memiliki 516 unit ruang untuk pedagang kaki lima dan usaha mikro. Hal itu pun diharapkan bisa semakin meningkatkan pariwisata di Kabupaten Bogor.

Pembangunan rest area tersebut merupakan salah satu upaya jangka panjang pemerintah dalam mengurangi risiko terjadinya longsor di jalur Puncak akibat perubahan pemanfaatan ruang, curah hujan tinggi, dan kondisi topografi.

Rest area seluas 7 hektare itu juga telah dilengkapi sejumlah fasilitas utama, seperti tiga area parkir yang mampu menampung sekitar 500 mobil, masjid, plaza pandang, meeting point, taman atau ruang terbuka hijau, dan amfiteater.

Sebelumnya diberitakan, selain Kementerian PUPR, pembangunan rest area itu juga melibatkan Pemerintah Kabupaten Bogor yang bertanggung jawab dalam pembangunan berupa kios-kios senilai Rp16,5 miliar melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin).

Dari 516 kios di rest area itu, 100 unit di antaranya ditujukan kepada pedagang kaki lima penjual sayur dan buah, serta 416 unit lainnya untuk pedagang oleh-oleh dan camilan.

Berdasarkan LPSE Kementerian PUPR di 2020, tercatat empat paket proyek yang diperuntukkan bagi pembangunan rest area di Kawasan Puncak Bogor.

Proyek paling besar, yaitu pekerjaan penataan kawasan dan pembangunan senilai Rp61,7 miliar, telah selesai lelang, dimenangkan oleh PT Subota International Contractor dengan nilai penawaran Rp48,1 miliar.

Kemudian, proyek supervisi penataan kawasan dan pembangunan rest area senilai Rp2 miliar, juga telah selesai lelang, dimenangkan oleh PT Binamitra Bangunsarana Pratama dengan nilai penawaran Rp1,5 miliar.

Dua proyek lainnya, yaitu perluasan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) kawasan rest area senilai Rp13,1 miliar, dan proyek supervisi SPAM kawasan rest area senilai Rp720 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

puncak rest area
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top