Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kementerian ESDM Ajak Milenial Kembangkan Startup Energi Bersih

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengajak generasi milenial mengembangkan bisnis dari perusahaan rintisan atau startup yang bisa memberikan inovasi terobosan dalam mempercepat pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT) di Indonesia.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Januari 2022  |  16:00 WIB
Layar menampilkan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana memberikan pemaparan saat sesi diskusi bertema
Layar menampilkan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana memberikan pemaparan saat sesi diskusi bertema "Prospek Sektor Energi Terbarukan 2022" dalam acara Bisnis Indonesia Business Challenge 2022 di Jakarta, Kamis (16/12/2021). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengajak generasi milenial mengembangkan bisnis dari perusahaan rintisan atau startup yang bisa memberikan inovasi terobosan dalam mempercepat pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT) di Indonesia.

“Kami melihat potensinya sangat besar. Saya kira ini saatnya mengembangkan bisnis startup,” kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana dalam keterangannya yang dikutip di Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Selain potensi EBT yang menjanjikan, kata dia, bisnis startup bisa dimulai dengan melirik pengembangannya dengan skala kecil.

“Ke depan, hal ini akan menguat dan mendorong pemanfaatan energi bersih akan semakin baik,” ujarnya.

Saat ini, pemerintah tengah mendorong kemunculan perusahaan rintisan, salah satunya biogas. Kementerian ESDM bersama pemangku kepentingan terkait telah membangun sekitar 35.000 unit biogas rumah tangga.

“Sangat membantu para petani, selain memastikan peternakan sapinya lebih baik, meningkatkan pendapatan dan keberlanjutan pengusahaan,” ujar Dadan.

Selain biogas, startup yang punya potensi di masa depan adalah pembangkit listrik tenaga surya, smart grid, dan kendaraan listrik.

Dadan menjelaskan, pihaknya telah mengonversi 100 sepeda motor berbahan bakar minyak (BBM) menjadi sepeda motor listrik.

Menurutnya, keberadaan startup diharapkan mampu menciptakan ekosistem bisnis energi baru terbarukan, sehingga bisa menggerakkan roda perekonomian nasional di masa mendatang.

“Peluang ini demikian besar, dan ini saatnya seberapa kuat dari kita mendorong hal ini. Secara politik dan pendanaan sudah didukung,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian esdm StartUp Energi Bersih Terbarukan

Sumber : Antara

Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top