Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Siap-siap! Bansos Tunai Rp 600 Ribu Segera Cair

Masih diberikan untuk membantu pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19, pemerintah akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) tunai Rp600 ribu di kuartal I 2022.
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 17 Januari 2022  |  13:06 WIB
Cara cek penerima bansos tunai (BST) senilai Rp600 ribu untuk warga DKI Jakarta selama PPKM Darurat -  situs corona.jakarta.go.id
Cara cek penerima bansos tunai (BST) senilai Rp600 ribu untuk warga DKI Jakarta selama PPKM Darurat - situs corona.jakarta.go.id

Bisnis.com, SOLO - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa bansos tunai akan disalurkan lagi.

Bansos tunai PKLWN Rp600 ribu tersebut akan disalurkan mulai kuartal I 2022.

Airlangga menuturkan, bantuan tersebut dilakukan untuk mendorong pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Pemerintah juga memperluas cakupan penerima bansos untuk program BT-PKLWN kepada 1,76 juta Nelayan Penduduk Miskin Ekstrem di wilayah pesisir. Sehingga total target sasaran menjadi 2,76 juta orang atau ditambah dengan 1 juta orang PKL/Pemilik Warung.

"Sedangkan, lokasi penerima manfaat yaitu pada 212 Kabupaten/Kota yang masuk pada Target Pengentasan Kemiskinan Ekstrim di 2022, dan besaran yang diberikan adalah Rp600.000 per penerima," kata Airlangga dalam konferensi pers, Minggu (16/1/2022).

Lebih lanjut, dia mengungkapkan anggaran program PEN sendiri sudah disiapkan sebesar Rp451 triliun. PEN 2022 sendiri terbagi menjadi 3 klaster utama, yakni Kesehatan, Perlindungan Masyarakat, serta Penguatan Pemulihan Ekonomi yang antara lain berisi insentif fiskal, Dukungan UMKM dan Korporasi.

Selain bansos tunai Rp600 ribu, pemerintah juga akan melanjutkan bantuan program keluarga harapan (PKH), bantuan UMKM, hingga subsidi Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

blt bansos dana bansos
Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top