Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Turun, Harga Minyak Mentah Indonesia Desember Tersengat Omicron

Executive Summary Tim Harga Minyak Mentah Indonesia menyebut pelaku pasar menanggapi secara berlebih atas ketidakpastian kondisi pasar seiring dengan peningkatan kasus Covid-19.
Kilang minyak di Lapangan Banyu Urip Blok Cepu, Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (8/12/2016). /Bloomberg-Dimas Ardian
Kilang minyak di Lapangan Banyu Urip Blok Cepu, Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (8/12/2016). /Bloomberg-Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA — Rata-rata harga minyak mentah Indonesia atau Indonesian crude price pada Desember 2021 mengalami penurunan sebesar US$6,77 per barel dari US$80,13 per barel pada periode sebelumnya menjadi US$73,36 per barel.

Adapun, ICP SLC juga mengalami penurunan  sebesar US$7,12 per barel dari US$80,15 per barel dari bulan sebelumnya menjadi US$73,03 per barel.

Menurut Executive Summary Tim Harga Minyak Mentah Indonesia, penurunan ini antara lain dipengaruhi oleh pelaku pasar yang menanggapi secara berlebih atas ketidakpastian kondisi pasar seiring dengan peningkatan kasus Covid-19, terlebih dengan munculnya varian Omicron, inflasi, pelepasan cadangan strategis dan berlanjutnya peningkatan produksi OPEC+ serta penguatan nilai tukar dollar AS terhadap mata uang utama dunia lainnya menyebabkan turunnya minat investor pada komoditas minyak hingga level terendah dalam beberapa tahun dan mendorong aksi profit taking di saat harga masih tinggi.

“Hal tersebut menyebabkan kekhawatiran terjadinya penurunan aktivitas ekonomi dan penurunan permintaan minyak mentah global serta ekspektasi pasar agar OPEC+ menunda keputusan untuk tetap melanjutkan peningkatan produksi minyak,” ujar Tim Harga Minyak Mentah Indonesia dalam keterangan resminya, Kamis (6/1/2021).

Sementara itu, Energy Information Administration (EIA) melaporkan kenaikan stok gasoline sebesar 7,3 juta barel menjadi 222,7 juta barel dibandingkan dengan stok November 2021, seiring menurunnya permintaan secara musiman yang diperkuat dengan pengetatan aktifitas akibat sebaran varian virus omicron.

International Energy Agency (IEA) dalam laporan Desember 2021 menyatakan bahwa pasokan minyak mentah global melebihi permintaan terutama akibat peningkatan produksi AS seiring dengan peningkatan aktifitas pengeboran dan peningkatan produksi OPEC+ sebesar 450.000 barel per hari.

Lebih lanjut, IEA dalam laporan Desember 2021 menyatakan bahwa rata-rata permintaan minyak mentah global pada 2021 mengalami penurunan sebesar 100.000 barel per hari dibandingkan dengan laporan bulan sebelumnya akibat peningkatan kasus Covid-19 yang berdampak terutama pada penurunan aktifitas penerbangan dan konsumsi bahan bakar jet.

Di sisi lain, OPEC melaporkan permintaan minyak pada kuartal IV/2021 disesuaikan sedikit lebih rendah terutama untuk memperhitungkan langkah-langkah penahanan Covid-19 di Eropa dan potensi dampaknya terhadap permintaan bahan bakar transportasi, serta munculnya varian Covid-19 baru. Total permintaan minyak dunia sebesar 96,63 juta barel per hari secara tahunan pada 2021.

Penurunan harga minyak mentah internasional juga dipengaruhi oleh Bank of England mengumumkan kenaikan suku bunga yang tidak terduga, keputusan ini menjadi yang pertama di antara negara-negara maju kelompok G7 yang melakukan pengetatan moneter sejak pandemi Covid-19 setelah Federal Reserve AS  mengindikasikan potensi percepatan pengurangan stimulus fiskal dan menaikkan suku bunga lebih awal,  untuk mengatasi inflasi. Indikasi tersebut membuat Dollar AS lebih menarik bagi investor dibandingkan dengan pasar ekuitas.

“Rystad Energy memperkirakan throughput kilang global pada kuartal IV/2021 direvisi turun 400.000 barel per hari  dibanding laporan November 2021 menjadi rata-rata 78,7 juta barel per hari,” jelas Tim Harga Minyak Mentah Indonesia.

Untuk kawasan Asia Pasifik, penurunan harga minyak mentah selain disebabkan oleh faktor-faktor tersebut, juga dipengaruhi oleh terus berlanjutnya ekspektasi akan pelepasan cadangan minyak strategis China, penurunan pertumbuhan perekonomian di wilayah Asia Pasifik, terutama di China dan India, serta penurunan impor minyak mentah di China dan Jepang.

Perkembangan harga rata-rata minyak mentah utama di pasar internasional pada bulan Desember 2021 dibandingkan bulan November 2021 sebagai berikut:

Dated Brent turun sebesar US$7,34 per barel dari US$81,44 per barel menjadi US$74,10 per barel.
WTI (Nymex) turun sebesar US$6,96 per barel dari US$78,65 per barel menjadi US$71,69 per barel.
Basket OPEC turun sebesar US$6,88 per barel dari US$80,37 per barel menjadi US$73,49 per barel.
Brent (ICE) turun sebesar US$6,05 per barel dari US$80,85 per barel menjadi US$74,80 per barel. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper