Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Alibaba Jual Sahamnya di Weibo ke Perusahaan Pelat Merah. Ada Apa Nih?

SMG merupakan salah satu konglomerasi terbesar di China yang memiliki jaringan media dan budaya. Statusnya sebagai pelat merah akan lebih memudahkannya untuk mencapai kesepakatan dengan Alibaba.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 29 Desember 2021  |  19:59 WIB
Weibo - youtube.jpg
Weibo - youtube.jpg

Bisnis.com, JAKARTA - Alibaba Group Holding Ltd., dikabarkan sedang menjajaki rencana menjual seluruh sahamnya sebesar 30 persen di media sosial terbesar China, Weibo Corp., ke perusahaan pelat merah.

Dilansir Bloomberg pada Rabu (29/12/2021), seorang sumber yang tidak ingin diidentifikasi identitasnya mengatakan bahwa perusahaan milik negara itu adalah konglomerasi Shanghai Media Group (SMG).

Pembicaraan tersebut masih dalam tahap awal dan belum ada kepastian akan menghasilkan transaksi. Alibaba menolak berkomentar. Sementara itu, Weibo dan SMG belum memberikan respons terkait hal ini.

Alibaba beserta afiliasinya telah membangun portofolio di bidang media meliputi surat kabar, televisi, media sosial, dan periklanan. Namun, hal itu membuat pemerintah khawatir terhadap pengaruh perusahaan terhadap opini publik sehingga diminta untuk melepas sebagian dari kepemilikannya.

SMG merupakan salah satu konglomerasi terbesar di China yang memiliki jaringan media dan budaya. Statusnya sebagai pelat merah akan lebih memudahkannya untuk mencapai kesepakatan dengan Alibaba.

Perlu diketahui, SMG juga menguasai saham Oriental Pearl Group Co., yang mengoperasikan stasiun televisi dan portal online. Perusahaan juga memiliki 20 persen saham di Shanghai Disney Resort.

Sementara itu, Weibo yang mirip Twitter, merupakan media sosial paling berpengaruh di China dan juga paling kontroversial. Situsnya pernah menghapus komentar terkait dengan skandal yang melibatkan mitra Alibaba pada tahun lalu. Sejak saat itu, regulator melarang kepemilikan swasta di perusahaan media.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

alibaba weibo
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top