Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KAI Baru Jual 40 Persen Tiket yang Tersedia untuk Nataru

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI baru menjual 32.053 tiket kereta api (KA) per hari untuk keberangkatan pada momen Natal 24 –26 Desember 2021. Jumlah tersebut sekitar 40 persen dari kapasitas tempat duduk yang disediakan perusahaan setiap harinya.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 24 Desember 2021  |  12:57 WIB
Sejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta. - Antara
Sejumlah penumpang dengan mengenakan masker di dalam gerbong kereta api luar biasa relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi lintas selatan di Stasiun Gambir, Jakarta. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI baru menjual 32.053 tiket kereta api (KA) per hari untuk keberangkatan pada momen Natal 24 –26 Desember 2021. Jumlah tersebut sekitar 40 persen dari kapasitas tempat duduk yang disediakan perusahaan setiap harinya.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menuturkan, pergerakan masyarakat yang menggunakan KA masih relatif stabil, atau belum ada peningkatan signifikan untuk momen Natal tahun ini.

Meski demikian, dia menyebut bahwa jumlah penjualan tiket per hari masih akan terus bergerak, karena perusahaan masih menjual tiket hingga hari ini melalui aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh saluran resmi penjualan tiket KAI lainnya.

“Menghadapi masa libur Natal dan menjelang tahun baru, tiket KA masih cukup tersedia untuk dapat dinikmati oleh pelanggan. KAI melihat pelanggan masih mengamati perkembangan kasus Covid-19 sebelum melakukan perjalanan pada musim libur ini,” ujarnya melalui siaran pers, Jumat (24/12/2021).

Pada masa Nataru, kata dia, KAI tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api.

Untuk menciptakan physical distancing, KAI juga disiplin menerapkan pembatasan tempat duduk yang dijual, yaitu hanya 80 persen dari kapasitas yang tersedia, sesuai Surat Edaran Kemenhub Nomor 112/2021.

Pada periode 17–23 Desember 2021, rata-rata KAI melayani 54.333 pelanggan KA jarak jauh per hari. Jumlah tersebut meningkat 27 persen dibandingkan dengan periode November 2021 yang sebanyak 42.670 pelanggan per hari.

Berdasarkan pantauan sampai dengan saat ini, puncak keberangkatan pelanggan KA jarak jauh terjadi pada 19 Desember 2021, di mana KAI melayani 70.470 pelanggan KA jarak jauh.

Joni menegaskan, jumlah tersebut masih di bawah jumlah rata-rata pelanggan KA jarak jauh pada masa normal. Pada periode yang sama sebelum pandemi, KAI melayani rata-rata 167.024 pelanggan KA jarak jauh per hari.

“Perhatikan kembali syarat-syarat terbaru naik kereta api sesuai aturan yang telah ditetapkan pemerintah, khususnya pada periode libur Nataru yaitu 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2021. KAI berharap agar para pelanggan dapat disiplin menerapkan protokol kesehatan demi menciptakan layanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat,” imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai Natal dan Tahun Baru
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top