Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luhut: Pemerintah akan Tuntaskan Tol Becakayu

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan memastikan komitmen pemerintah untuk menuntaskan proyek Jalan Tol Bekasi–Cawang–Kampung Melayu atau Becakayu.
Jalan tol Becakayu ruas RS Harum-Sumber Artha di Jakarta, Jumat (16/6)./Antara-Rosa Panggabean
Jalan tol Becakayu ruas RS Harum-Sumber Artha di Jakarta, Jumat (16/6)./Antara-Rosa Panggabean

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan memastikan komitmen pemerintah untuk menuntaskan proyek Jalan Tol Bekasi–Cawang–Kampung Melayu atau Becakayu.

“Kami bersama Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, dan juga BUMN Waskita Karya, beserta Walikota Bekasi dan Bupati Bekasi meninjau proyek Jalan Tol Becakayu yang sudah konstruksi sejak 1996. Jadi kami mau tuntaskan,” ujar Luhut saat meninjau konstruksi Jalan Tol Becakayu Seksi II A Ujung di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (24/12/2021).

Luhut mengatakan, apabila Tol Becakayu selesai seluruhnya, maka akan dapat mengurai kemacetan mulai dari jalan bypass, Cawang, sampai dengan Tambun. Selain itu, dibutuhkan dana sebesar Rp3,75 triliun untuk menyelesaikan proyek Jalan Tol Becakayu tersebut.

“Tadi sudah disampaikan kami butuh Rp3,75 triliun, kami memiliki pilihan-pilihan untuk menuntaskan pembangunan jalan tol ini,” ujarnya.

Sebelumnya, PT Waskita Karya berharap keseluruhan seksi Jalan Tol Becakayu dapat beroperasi pada pertengahan tahun depan.

SVP Corporate Secretary Waskita Ratna Ningrum mengatakan bahwa pihaknya telah menyelesaikan pekerjaan erection Steel Box Arch (SBArch) girder pada proyek Jalan Tol Becakayu Seksi 2A Ujung.

Erection girder yang telah dilakukan menggunakan Crawler Crane berkapasitas 800 ton itu memiliki total bentang sepanjang 212,6 meter, dan berjumlah 36 batang girder.

Pekerjaan erection SBArch girder itu merupakan tonggak penting yang menandai kemajuan dalam pengerjaan proyek Jalan Tol Becakayu sepanjang 16,02 kilometer.

Jalan Tol Becakayu seksi 2A–2A Ujung yang saat ini tengah dibangun oleh Waskita menggunakan struktur elevated sepanjang 4,88 kilometer, dan saat ini progresnya telah mencapai 83,6 persen.

Bagian tersebut akan melengkapi keberadaan Jalan Tol Becakayu Seksi 1 BC sepanjang 8,4 kilometer yang telah diresmikan pada 3 November 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Lili Sunardi
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper