Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Antisipasi Libur Nataru, Pertamina Tambah Pasokan BBM

PT Pertamina (Persero) bakal menambah pasokan bahan bakar minyak guna mengantisipasi kenaikan konsumsi selama masa libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 16 Desember 2021  |  18:06 WIB
Antisipasi Libur Nataru, Pertamina Tambah Pasokan BBM
Petugas SPBU Pertamina menggunakan masker dan sarunga tangan saat melayani konsumen. - Istimewa / Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) bakal menambah pasokan bahan bakar minyak guna mengantisipasi kenaikan konsumsi selama masa libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru.

Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Irto Ginting mengatakan bahwa pihaknya menghitung proyeksi peningkatan konsumsi energi masyarakat selama masa libur Nataru.

Dia menuturkan, akan ada peningkatan kebutuhan sekitar 6,2 persen untuk gasoline atau bensin, pertumbuhan 2,7 persen untuk gasoil diesel, dan 3 persen untuk LPG, serta 24 persen untuk Avtur saat Nataru dibandingkan dengan rerata konsumsi di Oktober 2021.

Dia memastikan, stok bahan bakar minyak (BBM) dalam kondisi aman, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dalam menjalankan kegiatannya sehari-hari.

“Kami menyiapkan tambahan sesuai dengan perhitungan proyeksi tersebut,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (16/12/2021).

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga SH C&T Alfian Nasution mengatakan, periode libur Nataru sudah menjadi salah satu masa untuk memastikan seluruh kebutuhan energi masyarakat terpenuhi dengan baik.

Alfian menjelaskan, ketahanan stok untuk seluruh produk BBM per 7 Desember rata-rata berada di atas 19 hari, LPG di atas 14 hari, dan Avtur 35 hari.

“Proses distribusi juga terus kami pantau melalui Pertamina Integrated Command Centre (PICC) dan dashboard digitalisasi SPBU. Untuk menjamin hal tersebut, kami juga kembali mengaktifkan satuan tugas Nataru untuk memastikan seluruh kebutuhan energi masyarakat terpenuhi dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya, Pertamina Patra Niaga telah melakukan beberapa antisipasi dengan menyiapkan 114 terminal BBM, 23 terminal LPG, 68 depot pengisian pesawat udara (DPPU), lebih dari 7.400 SPBU, serta seluruh rantai distribusi LPG, mulai dari stasiun pengisian bahan bakar elpiji (SPBBE) hingga agen dan pangkalan LPG.

Selain itu, Pertamina Patra Niaga kembali menyiapkan layanan dan fasilitas tambahan, seperti 1.077 SPBU siaga di jalur reguler, 63 SPBU siaga di jalur tol, 218 motoris atau armada Pertamina Delivery Service (PDS), 144 titik kantong BBM SPBU, 34 unit Pertashop atau SPBU modular, serta lebih dari 48.000 agen dan pangkalan LPG Siaga.

Kemudian ada juga layanan di 68 DPPU yang akan terus siaga memenuhi kebutuhan avtur bagi seluruh maskapai penerbangan. Selain operasional, Pertamina Patra Niaga juga menyediakan layanan antigen di 25 SPBU.

“Jadi untuk menjawab proyeksi peningkatan konsumsi masyarakat, Pertamina Patra Niaga sudah menyiapkan seluruh fasilitas untuk beroperasi dengan maksimal,” jelasnya.

Sebagai upaya pengamanan penyaluran BBM, LPG, dan avtur, kata dia, Pertamina Patra Niaga juga melakukan berbagai koordinasi.

Selain secara internal dalam memastikan stok, penambahan armada, serta kesiapan seluruh tambahan layanan, Pertamina Patra Niaga berkoordinasi dengan stakeholders, seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, BPH Migas, Polri, Jasa Marga dan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Telkom, serta perbankan untuk memastikan transaksi kebutuhan lembaga penyalur dapat tetap dilayani.

“Dengan seluruh antisipasi ini, kami imbau masyarakat tidak perlu khawatir, Pertamina Patra Niaga tetap siaga melayani kebutuhan energi masyarakat agar tetap terpenuhi dengan baik, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan kenyamanan masyarakat,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina BBM Natal dan Tahun Baru
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top