Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Erick Thohir Beri Tiga Perintah untuk Dirut Baru PLN

Menteri BUMN Erick Thohir memberi tiga perintah kepada Dirut baru PLN.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 07 Desember 2021  |  10:07 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi menjadi anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser). - Antara
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi menjadi anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir memberi tiga perintah kepada Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo dalam memimpin perusahaan setrum tersebut.

Ketiganya adalah transformasi, transisi energi hingga mengatasi persoalan kelebihan kapasitas atau oversupply listrik. Darmawan mengatakan terus melanjutkan transformasi di segala lini perusahaan.

"Tadi kami sudah mendapat perintah langsung dari Pak Menteri BUMN. Pak Erick memberi arahan untuk melanjutkan transformasi PLN," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (7/12/2021).

Darmawan menuturkan perusahaan akan memperkokoh fondasi yang sudah diletakkan oleh Dirut PLN sebelumnya Zulkifli Zaini yaitu transformasi korporasi di segala lini.

"Kami sepenuh hati akan menjalankan arahan Bapak Presiden, kebijakan strategis yg diberikan oleh Kementerian BUMN, Kementerian ESDM, dan Kementerian Keuangan, dengan meneruskan program yang telah dijalankan oleh BoD PLN di bawah kepemimpinan Pak Zulkifili Zaini yang luar biasa.”

Sejak April 2020, PLN menjalankan program Transformasi sebagai langkah penting perusahaan, melalui 4 pilar yakni Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused. Restrukturisasi korporasi juga telah dilakukan oleh perusahaan.

Darmawan mengungkapkan, transformasi dilatarbelakangi arahan Presiden Jokowi dan kebijakan Pemerintah dalam mengelola secara optimal cadangan daya, mempersiapkan transisi energi, menjadi penggerak pemulihan ekonomi nasional pasca Covid-19.

Secara khusus, PLN mendapat arahan untuk mempersiapkan transisi energi secara matang agar tidak membebani APBN.

"Ini tugas khusus, masa transisi ini harus berjalan dengan smooth. investasi, inovasi, teknologi, dan kolaborasi akan kita galakkan. Tentunya sesuai dengan arahan Presiden, proses transisi juga jangan membebani APBN," katanya.

Di sisi lain, Darmawan juga mendapat tugas mengatasi kelebihan pasokan listrik. Dia menyebut punya strategi utama yang akan dijalankan PLN guna mengatasi perkara ini.

Pertama meningkatkan kendaraan listrik dan electrifying lifestyle. Menurutnya, 1 kwh listrik seharga Rp1.444,7 dapat menempuh 10 kilometer.

"Ini jauh lebih hemat bagi masyarakat. Juga di satu sisi, langkah ini juga akan berdampak pada neraca perdagangan kita dengan mengurangi beban impor minyak mentah," ujarnya.

Kedua, PLN juga semakin fokus menggiatkan program electriying agriculture dengan menyasar para petani dan petambak. Ketiga, kata dia PLN menyasar captive market. PLN menawarkan industri beralih ke listrik PLN agar lebih efisien dalam sisi operasional.

"Dengan menyerahkan pasokan listrik ke PLN, industri bisa lebih fokus dalam mengoptimalkan produksi dan utilitasnya," kata Darmawan.

Sebelumnya, Darmawan menjadi Direktur Utama PLN melalui rapat umum pemegang saham (RUPS). Dalam beberapa tahun terakhir, dia telah terlibat dalam perusahaan. Pertama menjadi komisaris PLN pada 2018 - 2019. Kemudian ditunjuk sebagai Wakil Dirut pada 2019 - 2021.

Di kancah perpolitikan, Darmawan sempat menjadi calon legislatif DPR Dapil Jawa Tengah pada 2014. Dia diketahui merupakan kader PDI Perjuangan meski tidak masuk sebagai pengurus partai.

Kemudian terlibat dalam tim pemenangan pasangan Joko Widodo - Jusuf Kalla pada 2014. Darmawan juga sempat menduduki kursi Deputi I Bidang Pengendalian, Pembangunan, Monitoring, dan Evaluasi Program Prioritas di Kantor Staf Presiden.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN erick thohir
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top