Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Erupsi Gunung Semeru, Operasional KA di Jawa Timur Belum Terdampak

Saat ini Gunung Semeru di Jawa Timur dinyatakan masih berstatus level 2 waspada atau belum mengalami perubahan status atau level kewaspadaan.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 06 Desember 2021  |  10:35 WIB
Pemudik bersiap menaiki Kereta Api di Stasiun Banyuwangi Baru, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (21/12/2018). - ANTARA/Budi Candra Setya
Pemudik bersiap menaiki Kereta Api di Stasiun Banyuwangi Baru, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (21/12/2018). - ANTARA/Budi Candra Setya

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memastikan operasional Kereta Api di wilayah Jawa Timur saat ini masih berjalan normal kendati terjadi erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021).

EVP Corporate Secretary KAI Asdo Artriviyanto mengatakan jarak pandang masinis masih baik dan tidak ada jalur KA yang terganggu akibat erupsi Gunung Semeru. 

"Seluruh perjalanan Kereta Api dari dan ke Surabaya, Malang, Jember, dan Banyuwangi masih beroperasi normal untuk melayani kebutuhan konektivitas masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya, Senin (6/12/2021).

Dalam rangka membantu para korban yang terdampak erupsi, Asdo menyebut bahwa KAI telah mengirimkan bantuan berupa 3 unit toilet portable dan paket sembako dengan total nilai bantuan Rp60 juta.

Adapun toilet portable itu diberikan, sambungnya, untuk membantu mengatasi permasalahan sanitasi masyarakat di wilayah lereng Semeru dikarenakan banyaknya rumah yang terdampak erupsi sehingga tidak dapat ditempati untuk sementara waktu.

Sementara untuk paket sembako yang diberikan, imbuh Asdo, berisi mie instan, popok, kornet, biskuit, susu, dan air mineral bagi para korban erupsi yang membutuhkan selama masa penanggulangan bencana.

"Semoga bantuan yang KAI berikan dapat bermanfaat dan harapannya masyarakat yang terdampak selalu diberikan kesabaran, kekuatan untuk menghadapi cobaan ini," tuturnya.

Sebagai informasi, saat ini Gunung Semeru di Jawa Timur dinyatakan masih berstatus level 2 waspada atau belum mengalami perubahan status atau level kewaspadaan.

"Status level, masih level 2 waspada. Kami masih mengevaluasi, apakah ini dapat dipertahankan. Suatu saat bisa dinaikan," ujar Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Eko Budi Lelono dalam konferensi pers, Minggu (6/12/2021) sore.

Gunung Semeru mengalami erupsi dan mengeluarkan guguran awan panas pada Sabtu (4/12/2021). Erupsi gunung menerjang sejumlah wilayah permukiman warga dan menyebabkan korban jiwa. 

Saat erupsi Sabtu lalu, terjadi guguran awan panas yang luncurannya mencapai 11 kilometer. Namun kemarin, jarak luncuran awan panas hanya mencapai 2 kilometer.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai kereta api Gunung Semeru
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top