Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tarif Pas Pelabuhan Naik, Pelindo Janjikan Peningkatan Layanan

PT Pelindo (Persero) memastikan akan melakukan pengembangan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pengguna jasa setelah menaikkan tarif pas pelabuhan.
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Terminal Peti Kemas Kalibaru, Pelabuhan Utama Tanjung Priok di Jakarta, Selasa (13/9)./Antara-Widodo S. Jusuf
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Terminal Peti Kemas Kalibaru, Pelabuhan Utama Tanjung Priok di Jakarta, Selasa (13/9)./Antara-Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelindo (Persero) memastikan akan melakukan pengembangan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pengguna jasa setelah menaikkan tarif pas pelabuhan.

General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Silo Santoso menjelaskan, tarif pas belum mengalami penyesuaian dalam 10 tahun terakhir. Dia pun memastikan bahwa rencana penaikan tarif pas pelabuhan pun sudah dibahas sejak beberapa tahun lalu oleh sejumlah asosiasi.

“Pembahasan usulan penyesuaian tarif pas pelabuhan sudah dimulai dengan asosiasi dari beberapa tahun lalu,” ujarnya, Minggu (5/12/2021).

Menurutnya, Pelindo akan melakukan berbagai pengembangan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pengguna jasa, khususnya angkutan barang.

Dia pun memastikan, Pelindo selalu terbuka untuk menerima masukan dan siap berdiskusi dengan para pengguna jasa maupun mitra, bersama-sama dengan Otoritas Pelabuhan selaku regulator.

Hal itu dilakukan supaya rencana yang akan dilakukan dapat menjadi lebih baik, termasuk dalam hal tarif pas pelabuhan Tanjung Priok yang akan disesuaikan pada tahun depan.

Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, kata dia, juga telah menyediakan beberapa fasilitas buffer area sebagai tempat menunggu dan untuk mengurangi kepadatan angkutan truk di dalam area pelabuhan.

Saat ini juga tengah dikembangkan layanan Single Truck Identification System (STID) yang diharapkan dapat meningkatkan fungsi kontrol dan meningkatkan kelancaran operasiona, serta lalu lintas di pelabuhan.

Selain itu, Pelindo akan meningkatkan kualitas layanan melalui investasi secara berkelanjutan, termasuk melalui pengembangan fasilitas untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa.

Bagi pelaku usaha angkutan barang, telah dilakukan berbagai pengembangan fasilitas, seperti peningkatan kekuatan dan pelebaran jalan di area pelabuhan, penguatan instalasi penerangan di sejumlah titik pelabuhan, serta peningkatan drainase untuk pencegahan banjir.

Kemudian, instalasi CCTV untuk memperkuat keamanan dan monitoring lalu lintas di pelabuhan, serta implementasi autogate dan e-payment system guna mendukung kelancaran proses pada saat memasuki area pelabuhan.

Sementara itu, Regional Head 2 Pelindo Guna Mulyana mengatakan bahwa Pelindo Regional 2 Tanjung Priok akan melakukan penyesuaian tarif pas pelabuhan pada 1 Januari 2022 untuk terus menjaga dan meningkatkan level of service.

Rencana kenaikan pas pelabuhan Tanjung Priok sebelumnya telah disepakati dengan asosiasi yang mewakili pelaku usaha angkutan barang, yaitu DPD Angsuspel DKI Jakarta, DPD Aptrindo DKI Jakarta, dan Klub Logindo, serta diketahui oleh Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok.

Dia pun berharap pengembangan-pengembangan yang telah dilakukan dapat mendukung kegiatan usaha para pengguna jasa dan stakeholders di dalam dan sekitar area pelabuhan.

“Kami pun membutuhkan dukungan dari para pengguna jasa dan stakeholders agar kelancaran arus barang di pelabuhan dapat terus dijaga dan ditingkatkan,” imbuhnya.

Dalam beberapa tahun ke depan, Pelindo telah memiliki rencana untuk mendukung kelancaran lalu lintas di dalam dan sekitar area pelabuhan, seperti pembangunan jalan akses langsung dari Jl. Industri 1 menuju Pelabuhan Tanjung Priok, relayouting jalan di area pelabuhan, peningkatan traffic management system, serta pembangunan New Priok Eastern Access (NPEA).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper