Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingin Terbangkan Drone Komersial? Kemenhub Siap Lakukan Sertifikasi

Kemenhub siap melakukan sertifikasi dan validasi bagi operator yang ingin terbangkan drone komersial di wilayah Indonesia.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 01 Desember 2021  |  11:52 WIB
Sebuah drone fixed wing sedang mengudara. Terra Drone
Sebuah drone fixed wing sedang mengudara. Terra Drone

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siap melakukan sertifikasi dan validasi atau pesawat udara tanpa awak (PUTA) bagi operator lokal atau asing yang ingin terbangkan drone komersial di wilayah Indonesia.

Kepala Sub Direktorat Sertifikasi Pesawat Udara DKPPU Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agustinus Budi Hartono menjelaskan drone menarik untuk dikembangkan dan dioperasikan karena dinilai lebih cepat, murah, efisien dan ramah lingkungan.

Dia menuturkan apabila drone ingin dioperasikan secara komersial, maka harus mengacu aturan Internasional yang ada pada International Civil Aviation Organization (ICAO) yang mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan.

"Jika ada operator di dalam dan luar negeri ingin mengoperasikan drone di wilayah udara Indonesia, kami siap untuk melakukan proses sertifikasi dan validasi secara ketat sesuai aturan," katanya, Rabu (29/22/2021).

Dia menambahkan pengoperasian drone komersial tersebut harus melalui proses sertifikasi dan validasi yang ketat. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi aspek keselamatan.

Kemenhub, lanjutnya, berupaya mengakomodir pengoperasian drone sebagai respons perkembangan teknologi transportasi udara yang saat ini tumbuh sangat cepat.

Selain itu, sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam mengatur pengoperasian drone, peraturan terkait PUTA tersebut telah dimasukkan ke dalam Undang-Undang Cipta Kerja dan PP 32/2020.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub Drone
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top