Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sistem Verifikasi Wajah Gojek Sengaja Diperlemah? Ini Kata Pakar

Sistem verifikasi wajah Gojek dinilai sengaja diperlemah, sehingga menjadi celah dan dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan.
Pengemudi ojek online melintas di kawasan Mayestik, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pengemudi ojek online melintas di kawasan Mayestik, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Pengamat keamanan siber menduga Gojek sengaja melemahkan sistem verifikasi wajah untuk mempermudah para mitra mendaftar. Tidak disangka, celah ini digunakan untuk kejahatan oleh oknum dan membuat akun palsu.

Sekretaris Indonesia Cyber Security Forum (ICSF) Satriyo Wibowo mengatakan untuk mengenali wajah pengguna, biasanya sistem pengenalan wajah dilengkapi dengan deteksi wajah, untuk memastikan bahwa pemilik akun adalah orang yang tepat.

Kualitas perekaman wajah ini dipengaruhi oleh perangkat yang digunakan Gojek dan pengguna. Artinya untuk mendapatkan kualitas pengenalan wajah yang bagus, maka ponsel yang digunakan pengguna juga harus bagus.

Jika kualitas ponsel atau kameranya jelek, sedangkan pemrograman sistem verifikasi diatur dengan ketat oleh Gojek, maka foto yang dikirim pengguna akan ditolak, masyarakat tidak bisa menjadi mitra Gojek. Alhasil, agar lolos verifikasi, pengaturan program diatur dengan standar sedang atau rendah.

Dalam kasus Gojek, Satriyo menduga bahwa pihak Gojek mengatur standar verifikasi wajah dengan level rendah, mengingat tidak semua pengemudi Gojek memiliki ponsel dengan kualitas kamera yang mumpuni.

Dampak positifnya, masyarakat mudah mendaftar sebagai mitra, sedangkan dampak negatifnya, mudah dibobol, karena standar penerimaaan verifikasi wajah dipasang rendah.

“Mungkin karena banyak kegagalan saat masyarakat mendaftar, maka standar verifikasinya diturunkan. Kemungkinan itu menjadi celah,” kata Satriyo, Kamis (25/11/2021).

Selain itu, Satriyo menilai apa yang terjadi dengan Gojek saat ini adalah bagian dari ancaman yang terus berkembang.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, Gojek tidak akan luput dari ancaman serangan digital. Ancaman digital akan terus mengikuti evolusi teknologi.

Dia mengatakan Gojek dan perusahaan digital manapun tidak bisa membuat sebuah sistem yang 100 persen aman.

“Ini bukan kelemahan tetapi sebuah kenyataan kebobolan yang harus diperbaiki, untuk mempersiapkan diri menghadapi serangan lain yang berbeda,” kata Satriyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Leo Dwi Jatmiko

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper