Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BTS Teman Bus di Surabaya Layani Enam Koridor, Ini Daftarnya

Program BTS Teman Bus di Surabaya akan melayani enam koridor dengan menggunakan 104 unit bus.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 25 November 2021  |  10:49 WIB
Ilustrasi. Teman Bus sebagai bagian implementasi program Buy the Service (BTS) Kementerian Perhubungan untuk menunjang mobilisasi masyarakat perkotaan.  - TemanBus
Ilustrasi. Teman Bus sebagai bagian implementasi program Buy the Service (BTS) Kementerian Perhubungan untuk menunjang mobilisasi masyarakat perkotaan. - TemanBus

Bisnis.com, JAKARTA – Layanan Buy The Service (BTS) Teman Bus akan hadir dalam enam koridor yang dilayani oleh sebanyak 104 unit bus di Surabaya.

Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Suharto mengatakan kehadiran angkutan massal perkotaan perlu ditingkatkan lagi di Indonesia, karena dengan angkutan massal perkotaan yang dapat diakses semua masyarakat dapat meningkatkan kualitas layak hidup sebuah kota. BTS Teman Bus yang akan hadir di Surabaya berjenis bus besar low deck 12 meter.

“Layanan tersebut akan melayani jam operasional mulai dari pukul 05.00 hingga 22.00 di enam koridor," katanya, Kamis (25/11/2021).

Dia berpendapat kehadiran transportasi umum saat ini dapat menghasilkan efisiensi pergerakan lalu lintas yang ada di jalan raya di kota-kota besar saat ini, termasuk Surabaya. Oleh karena itu, Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia merupakan target yang tepat untuk menerima layanan Buy The Service (BTS) Teman Bus.

Sebelumnya, ada beberapa kota yang saat ini sudah mulai menjalankan program Buy The Service Teman Bus. Kota-kota tersebut yakni Medan, Denpasar, Palembang, Solo, Yogyakarta, Makassar. Secara rinci, per 22 November 2021, kehadiran Teman Bus secara nasional telah melayani 11,5 juta penumpang dengan 21,460 penumpang harian, total bus yang tersedia yakni 398 bus dan 111 feeder.

Rencananya, dipersiapkan juga beberapa fasilitas jalur khusus bus di beberapa kota dengan mempertimbangkan kapasitas BTS merupakan suatu konsep pelayanan angkutan umum yang memastikan headway, sekitar 10-15 menit.

Tingkat keterisian juga akan sesuai dengan harapan, pengemudi pun dipastikan akan menjalankan tugasnya sesuai dengan ketentuan kecepatan yang ditentukan yaitu 40 km/jam. Selain itu, standar kendaraan juga dipastikan selalu dalam kondisi prima.

Secara umum Kemenhub juga memiliki standar pelayanan minimal untuk operator yang menjalani program ini.

“Untuk dapat memberikan kepastian dan kenyamanan bagi masyarakat, Teman Bus juga sudah memberikan layanan sistem informasi melalui aplikasi untuk memastikan posisi bus, berapa lama harus menunggu bus. Kita dapat mendownlod aplikasi Teman Bus untuk mendapatkan informasi-informasi lainnya,” jelasnya.

Secara progres, saat ini ada rencana pengembangan sistem pembayaran bus dengan sistem cashless dengan pilihan pembayaran menggunakan uang elektronik berbasis kartu chip maupun server based.

Meski saat ini tarif tersebut masih gratis bagi pengguna alisa tidak dikenakan biaya tetapi dalam waktu yang tidak terlalu lama, pihaknya akan menerapkan tarif yang wajar dan mudah dijangkau semua kalangan mulai dari pelajar hingga masyarakat umum.

Ini daftar koridor Teman Bus di Surabaya:

  • Koridor 1: Terminal Purabaya- Tanjung Perak via Raya Darmo
  • Koridor 2: Raya Lidah Wetan- Karang Menjangan-ITS
  • Koridor 3: Terminal Purabaya- Kenjeran via MERR
  • Koridor 4: GBT-UNESA- Mastrip
  • Koridor 5: Terminal Benowo- Tunjungan
  • Koridor 6: Terminal Purabaya- Unair Kampus C
Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Teman Bus
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top